Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta-Cikopo 6 Jam

Kompas.com - 08/09/2010, 12:01 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Padatnya kendaraan yang melaju di jalur tol di Jakarta memicu kemacetan dan penumpukan luar biasa. Waktu tempuh pun kian lama. Ade (25), pemudik asal Purwokerto, Jawa Tengah, yang berangkat dari rumahnya di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengaku berangkat mudik Rabu (8/9/2010) pukul 01.00. Namun, dia dan lima anggota keluarga baru tiba di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pukul 07.15.

"Sejak masuk Tol Dalam Kota, arus kendaraan sudah padat. Demikian pula di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek. Kendaraan tidak bisa dipacu lebih dari 40 kilometer per jam," ujarnya.

Pada saat situasi arus lalu lintas normal, dia biasanya menempuh rute itu 2-3 jam perjalanan. Kini, selain jumlah kendaraan yang meningkat pesat, lamanya waktu tempuh turut dipicu oleh antrean panjang menjelang gerbang keluar.

Ade awalnya berniat menempuh jalur pantai utara dengan keluar melalui gerbang tol Kalihurip menuju Dawuan-Cikampek-Jomin. Namun, di Kilometer 66, petugas memintanya terus ke Cikopo dan mengarahkannya ke Sadang melalui jalur tengah Sadang-Subang-Cikamurang.

Sayangnya, jalur tengah tidak lebih lancar dari pantura. Keluar dari gerbang Cikampek, Ade sudah disambut kemacetan di ruas Cikopo-Sadang. Kendaraan merayap di jalur penghubung itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com