Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Sinabung Peroleh Bantuan Jaket

Kompas.com - 08/09/2010, 02:42 WIB

Tiga Binanga, Kompas - Dana Kemanusiaan Kompas memberi bantuan 500 jaket kepada pengungsi letusan Gunung Sinabung di Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jaket yang menjadi penghangat badan sangat dibutuhkan warga pada malam hari ketika mereka berada di pengungsian.

Bantuan DKK yang dihimpun dari para pembaca itu diberikan oleh wakil dari pembaca yang juga penulis opini Kompas, Moses Situmorang, kepada para pengungsi yang diwakili sejumlah tokoh masyarakat, yaitu Sekretaris Kecamatan Tiga Binanga Satria Ginting, Lurah Tiga Binanga Nasrun Sebayang, sejumlah tokoh agama, dan tokoh masyarakat lainnya, Senin (6/9), di los Pasar Buah Kecamatan Tiga Binanga yang merupakan tempat pengungsian bagi lebih dari 2.000 warga yang berasal dari 18 desa di kecamatan itu. ”Jaket sangat bermanfaat bagi kami, terutama pada malam hari. Kami kedinginan di malam hari,” kata seorang pengungsi.

Nasrun mengatakan, hingga kemarin atau setelah seminggu letusan Gunung Sinabung, warga masih mengungsi di tempat itu. Kebanyakan warga yang bekerja sebagai petani keluar dari pengungsian sekitar pukul 07.00 dan kembali ke pengungsian sekitar pukul 17.00.

”Warga masih ketakutan,” katanya. Untuk menangani pengungsi, warga di Kecamatan Tiga Binanga bahu-membahu menyediakan makanan dan fasilitas lainnya.

Sejak hari pertama, warga telah menyumbang mulai dari kayu bakar, daun ubi, hingga lauk pauk. Warga yang menjadi pengusaha persewaan alat-alat pesta juga menyumbangkan piring dan gelas untuk tempat makanan dan minum pengungsi. Warga yang menyewakan tikar langsung menyediakan tikar untuk pengungsi.

Berbagai bantuan telah didatangkan untuk pengungsi yang berada paling jauh dari ibu kota Kabupaten Karo itu. Ada juga sejumlah anggota LSM yang membuat permainan bagi anak-anak di pengungsian. Mereka mendampingi anak-anak dengan berbagai permainan dan bernyanyi. ”Warga masih menunggu sampai kondisi Gunung Sinabung benar-benar aman. Kami pun membantu mereka agar selama di pengungsian bisa sehat dan nyaman,” kata Nasrun. Bukan hanya warga sekitar saja yang bekerja, tetapi beberapa pengungsi juga terlihat ikut menyiapkan makanan dan minuman. (MAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com