Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antre Masuk Kapal di Merak Bisa 2 Jam

Kompas.com - 08/09/2010, 02:20 WIB

CILEGON, KOMPAS.com - Belasan ribu sepeda motor para pemudik menyeberang dari pelabuhan Merak, Cilegon, Banten menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Rabu (8/9/2010) selepas pukul 00.00 dini hari.

Sebagian besar sepeda motor tersebut diarahkan ke dermaga IV dan V pelabuhan Merak, adapun sebagian kecil dilimpahkan ke dermaga I.

Penuturan Kepala Cabang Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Merak Teja Suparna, sebanyak 28 feri dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan para pemudik.

"Apakah nanti akan dilakukan penambahan feri tergantung perkembangan. Khusus jumlah sepeda motor yang menyeberang malam ini saya perkirakan lebih dari 10.000 unit," kata Teja.

Teja mengatakan, selama masa puncak Lebaran ini diperkirakan jumlah sepeda motor yang men yeberang sebanyak 20.000 unit. Jumlah loket tiket yang dibuka pada Rabu dini hari ini sebanyak delapan buah untuk menampung arus penumpang yang terus berdatangan.

Berdasarkan pantauan, antrean panjang sepeda motor terlihat memadati jalur khusus yang diperuntukkan bagi jenis kendaraan tersebut. Polisi terlihat mengatur sepeda motor tersebut, dengan pembatas tali tambang plastik, se hingga kendaraan berkelompok masuk ke kapal secara bergelombang.

Fendri, seorang pemudik asal Tangerang dengan tujuan Lampung mengatakan, dia butuh waktu sekitar satu jam mulai dari pintu masuk pelabuhan hingga masuk kapal.

Sedangkan Masri, pemudik dari J akarta tujuan Lampung menuturkan, dia butuh waktu dua jam lebih untuk bergerak mulai selepas pintu tol Merak hingga masuk kapal.

Masri keluar dari pintu tol Merak sekitar pukul 11.00 Selasa malam, dan baru masuk ke kapal menjelang pukul 02.30 Rabu dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com