Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudagar Minang Kumpul di Padang

Kompas.com - 05/09/2010, 19:48 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Tidak kurang dari 1000 orang saudagar dan kaum intelektual asal Minangkabau akan berkumpul bersama usai Lebaran kelak di Kota Padang. Pada pertemuan bersama Silaturahmi Saudagar Minang dan Silaturahmi Intelektual Minang 2010 yang akan digabung pelaksanaannya pada 15-16 September itu kaum intelektual dan saudagar Minang akan duduk bersama untuk pertama kalinya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Sumbar Asnawi Bahar yang juga menjadi ketua panitia kegiatan tersebut, Minggu (5/9)/2010 mengatakan pertemuan bersama itu akan berupa diskusi panel dengan menghadirkan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif dan mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II asal Sumbar sebagai pembicara.

Sejumlah pemikiran yang diungkapkan oleh para pembicara selanjutntya akan dibedah oleh para rektor perguruan tinggi yang ada di Sumbar untuk sampai pada tataran praktis.

Menurut Asnawi, hasil pembahasan itu akan digunakan sebagai panduan dalam menjalankan pembangunan ekonomi dan masyarakat di secara berkelanjutan. Pada gilirannya, hal tersebut diharapkan bisa turut memberikan sumbangan bagi pembangunan secara nasional.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau Pemprov Sumbar Suhermanto Raza menyebutkan, kegiatan dengan tema peningkatan pembangunan ekonomi Sumbar dan nasional melalui sinergi antara saudagar dan kaum intelektual Minang itu merupakan yang pertama kalinya diadakan.

Ia mengatakan, selama ini sumbangan antara kaum intelektual dan saudagar Minang terhadap pembangunan secara keseluruhan masih belum fokus dan ber sifat sendiri-sendiri. Bahkan menurutnya, belum pernah ada gagasan intelektual terutama yang berasal dari para perantau yang dikhususkan untuk pembangunan di Sumbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com