Wardak, Beribadah Sekaligus Cari Rezeki

Kompas.com - 05/09/2010, 08:57 WIB
EditorIgnatius Sawabi

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Sejumlah warung dadakan (wardak) yang tersebar di sepanjang jalur utama pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dijadikan sebagai tempat sahur oleh pemudik dari Jakarta.      Ahmad, salah seorang pemilik wardak di jalur pantura Indramayu, kepada wartawan, Minggu (5/9/2010), mengatakan, sejumlah pemudik yang melakukan perjalanan dari Jakarta pada malam hari tiba di Kabupaten Indramyu menjelang sahur.      "Setelah tiba di Kabupaten Indramayu, pemudik biasanya memanfaatkan wardak untuk tempat sahur bersama dengan rombongan mereka. Meski melakukan perjalanan jauh, pemudik tetap melaksanakan ibadah puasa, yang hanya datang setahun sekali," katanya.      Ia mengatakan, wardak-nya buka selama 24 jam untuk melayani pemudik sehingga dia dengan keluarga bergiliran menjaga wardak tersebut. "Selain beribadah menyediakan tempat sahur bagi pemudik, penghasilan keluarga juga meningkat," katanya.      Ia menjelaskan, selama membuka wardak kurang dari sembilan tahun, usaha tahunan tersebut mampu membantu ekonomi keluarga untuk menghadapi Lebaran sehingga kesempatan tersebut selalu menjadi harapan utama.      Sementara itu, Subagiyo, pemudik asal Jakarta yang sedang sahur di wardak milik Ahmad, menuturkan, meski menempuh perjalanan jauh menuju Surabaya, dia beserta keluarga tetap menjalankan ibadah puasa.      "Kesempatan puasa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, perjalanan jauh bukan kendala untuk melakukan ibadah tersebut meski dalam ajaran Islam diberikan kemudahan untuk mengganti puasa pada bulan lain, tetapi dikatakannya puasa pada bulan lain nilainya berbeda dengan Ramadhan," katanya.      Ia juga menambahkan, wardak yang tersebar di sepanjang jalur utama pantura Kabupaten Indramayu dapat membantu pemudik, baik untuk tempat istirahat maupun sahur. Keberadan mereka cukup dibutuhkan pengguna jalan, selain tempat untuk bertanya.      Yusep, pemudik lain, menuturkan, wardak di pantura Kabupaten Indramayu banyak manfaatnya, bisa dijadikan tempat sahur, istirahat, mengecek kondisi kendaraan, dan juga merasa aman dengan menyebarnya wardak tersebut di tempat sepi.      Sementara itu, Kapolres Indramayu Ajun Komisaris Besar Nasri Winarto menjelaskan, pemudik yang melintas di jalur pantai utara Indramayu dapat memanfaatkan tempat istirahat, baik di SPBU maupun wardak, untuk memulihkan stamina dan konsentrasi di perjalanan.

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X