Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Bus Lebaran Harus Lulus Tes Urine

Kompas.com - 03/09/2010, 22:55 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Pemprov Jambi mewajibkan para sopir bus angkutan Lebaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes urine untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas saat arus mudik dan balik Lebaran.

Para supir bus diwajibkan lulus tes kadar alkohol dan amphetamine sebelum bertugas melayani angkutan Lebaran, kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi Erwan Malik di Jambi, Jumat (3/9/2010).

Kebijakan itu diberlakukan untuk menghindari kelalaian sopir dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jika dari hasil tes ada sopir positif mempunyai kadar alkohol dan amphetamine dalam urinenya, demi alasan keamanan, sopir tersebut tidak akan diizinkan untuk mengemudi.

"Hari pencanangan angkutan Lebaran ini juga kita gunakan untuk melakukan tes urin bagi para sopir," kata Erwan Malik sebelum pelepasan angkutan Lebaran Provinsi Jambi.

Pemeriksaan atau tes urine itu dilakukan di pos penjagaan di dalam terminal Alam Berajo Kota Jambi, tes ini bekerja sama dan melibatkan PT Jasa Raharja, Dinas Sosnakertrans, Dinas Kesehatan, dan pihak keamanan.

Jika ditemukan ada sopir yang positif urinenya postif mengandung alkohol dan amphetamine maka mobil tidak dibenarkan berangkat kecuali sopirnya diganti, karena akan membahayakan penumpang.

Ia juga mengimbau masyarakat agar melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan saat hendak melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, jangan mengemudi jika mengantuk, memperhatikan kebersihan lingkungan, dan menjaga perilaku bersih seperti mencuci tangan.

Selain itu, jika punya penyakit tertentu, hendaknya membawa obat-obatan yang biasa dipakai.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr Ernayawati mengatakan, selain melakukan tes kesehatan atau tes urin bagi para sopir angkutan mudik Lebaran, pemerintah juga telah menyiapkan posko Lebaran yang bekerja sama dengan instansi terkait.

Posko Lebaran itu terdapat di beberapa tempat di pinggir jalan jalur mudik, jika di perjalanan sakit, para pengemudi tidak usah khawatir karena rumah sakit selalu terbuka, baik menjelang Lebaran maupun pasca lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com