Naik Bus ke Sumatera Lebih Berkesan

Kompas.com - 01/09/2010, 16:39 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi sebagian pemudik tujuan kota-kota di Sumatera, perjalanan pulang ke kampung halaman menggunakan bus cukup melelahkan sekaligus menyenangkan. Betapa tidak, mereka harus menempuh 2 hari 2 malam untuk tiba di sejumlah kota di Sumatera Utara.

"Meski badan terasa capek dan pegal, saya dan keluarga masih bisa menikmati eloknya pemandangan tanah Sumatera," kata Hamzah, calon pemudik yang ditemui di pool Perusahaan Otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS), Klender, Jakarta Timur, Rabu (1/9/2010).

Hamzah yang berangkat ke kampungnya di Padangsidempuan bersama istri dan satu putrinya itu selalu naik bus sejak ia merantau ke Jakarta pada tahun 2000. "Ada kesan tersendiri pulang pergi ke kampung naik bus, sampai-sampai tak punya keinginan naik pesawat," tutur pria yang pernah menolak beberapa tawaran mudik dengan pesawat.

Ia merasa bus memberikan pelayanan baik dan aman selama di perjalanan dengan harga terjangkau. "Dulu, banyak bajing loncat di jalan-jalan yang rusak. Sekarang, jalan di Sumatera rata-rata sudah mulus," kata pengelola usaha fotocopy di Pancoran, Jakarta Selatan itu.

Jika naik pesawat, Hamzah harus berganti moda kendaraan. "Dari bandara di Padang (Sumatera Barat) atau Medan, saya harus naik bus yang menyita waktu di jalan sekitar 12 jam. Jadi, lebih baik naik bus dari Jakarta kan?" katanya.

Hamzah membeli tiket PO ALS sebesar Rp 390.000 untuk AC Ekonomi tanpa toilet, sudah termasuk bawaan dua kardus. "Jika beratnya melebihi kuota, akan dikenai biaya tambahan," jelas dia.

Hamzah mengatakan, "Harga tiket pesawat ke Medan bisa lebih dari Rp 1 juta. Padahal, biasanya cuma Rp 400.000."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyarankan pesan tiket bus ke Sumatera satu bulan sebelum hari keberangkatan. Sampai pool tujuan, segera pesan tiket kembali ke Jakarta. "Biar ga kehabisan tiket," ujar Hamzah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.