Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma 5 Menit, Terkumpul Rp 65,5 Juta

Kompas.com - 01/09/2010, 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat Karo di Jakarta bertindak cepat dengan mengumpulkan dana bantuan hingga Rp 65,5 juta untuk membantu korban meletusnya Gunung Sinabung, Kabanjahe, Sumatera Utara.

"Dana ini terkumpul spontan, di Rumah Dinas Menkominfo pada acara buka puasa kemarin sore," ujar Tifatul Sembiring di Jakarta, Selasa (1/9/2010).

"Kita sangat prihatin dengan bencana yang terjadi di Sinabung. Bencana Sinabung adalah bencana kemanusiaan dan merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang perlu dibantu segera," ujarnya.

"Gerakan spontan ini saya prakarsai dengan memberikan sumbangan awal dari pribadi. Lalu menanya satu per satu hadirin, dan bertanya, bapak mau sumbang berapa?," tambahnya.

Beberapa hadirin yang hadir terlihat kikuk, menjawab pertanyaan Menkominfo yang tiba-tiba dalam acara buka bersama itu. "Tidak sampai 5 menit tekumpul 65,5 juta," ujar Tifatul yang juga warga Karo.

Pengumpulan dana ini, menurut Tifatul, baru permulaan, sehingga perlu penggalangan dana dari seluruh masyarakat Karo maupun yang bukan. Jadi masyarakat Karo diperantauan perlu bahu-membahu membantu korban.

Menurut Tifatul, laporan sementara dari masyarakat Karo di Kaban Jahe jumlah pengungsi sudah mencapai 28.000 orang. "Kemungkinan besok atau lusa sudah ada tim pendahuluan berangkat, kan sudah ada modal. Bantu yang pokok-pokok dulu, seperti makan, minum, obat-obatan, dan sanitasi mereka," ujar Tifatul yang sudah merencanakan akan meninjau korban letusan Gunung Sinabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com