Mudik Sekalian Angkut Motor Gratis, Mau?

Kompas.com - 01/09/2010, 12:50 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bagi pemudik dengan tujuan Semarang dan Purwokerto, Kementerian Perhubungan menyediakan layanan angkutan sepeda motor secara cuma-cuma serta mudik gratis bagi pemiliknya.

Layanan tersebut merupakan uji coba angkutan sepeda motor yang dilaksanakan Kemenhub dengan menggunakan truk khusus angkut sepeda motor.

"Bagaimana ke depannya kita menyiapkan ini, untuk mengurangi beban di jalan. Dengan kondisi kemarin pantauan tingkat kecelakaan tinggi, jadi memberi alternatif lah," ujar Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub, Bambang S Ervan, di Kemenhub, Jakarta, Rabu (1/8/2010).

Menurut Bambang, layanan angkut sepeda motor gratis tersebut tersedia untuk 144 sepeda motor yang terdaftar. "144 sepeda motor akan diangkut dengan dua truk," katanya.

Hingga hari ini, kata Bambang, baru terdapat empat sepeda motor yang mendaftar. "Yang daftar baru empat keluarga, mungkin masyarakat masih belum dengar," tambahnya.

Adapun pemilik sepeda motor yang ikut dalam uji coba angkutan sepeda motor tersebut akan mendapat layanan mudik gratis. "Maksimal 3 orang dalam satu keluarga akan diantar dengan bus (ke Semarang dan Purwokerto," ujar Bambang.

Pendaftaran angkut sepeda motor gratis dibuka mulai 30 Agustus hingga 03 September di kantor Kementrian Perhubungan, Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepeda-sepeda motor yang terdaftar kemudian akan diberangkatkan dari kantor PPD di Cawang pada 03 September, pukul 16.00. Sedangkan pemilik sepeda motor akan berangkat dengan bus pada 06 September dari Parkir Timur Senayan.

Sepeda-sepeda motor tersebut diperkirakan tiba di Semarang maupun Purwokerto pada 06 September dan dapat diambil di Kantor Dinas Perhubungan Semarang serta terminal Bus Purwokerto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.