Adpel Gresik Tambah Jadwal Pelayaran

Kompas.com - 01/09/2010, 10:23 WIB
EditorErlangga Djumena

GRESIK, KOMPAS.com — Mengantisipasi lonjakan penumpang untuk arus mudik Lebaran, Administratur Pelabuhan Gresik menambah jadwal trayek penyeberangan.

Kepala Adpel Gresik, Abdul Azis, Rabu (1/9/2010), menjelaskan mulai 5 September sehari diberangkatkan dua kapal dengan selisih satu jam dari Gresik ke Bawean dan kapal langsung kembali. Selama ini satu hari hanya diberangkatkan satu kapal.

Kapal yang diberangkatan KM Express Bahari 8B dengan kapasitas 344 penumpang dan KM Dharma Kartika dengan kapasitas 265 penumpang. Penambahan trayek itu sudah mengatasi kemungkinan penumpukan penumpang. "Selama jumlah penumpang terbanyak 580 dari kapasitas 609 penumpang. Ditambah dispensasi total kapasitas 700 penumpang sudah mencukupi kebutuhan," kata Azis.

Bila terjadi cuaca buruk, akan didatangkan KM Dharma Fery 2 dan KM Kirana. Namun prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan cuaca cukup bagus.

Saat keberangkatan KM Express Bahari 8B Rabu siang, jumlah penumpang 320 dari kapasitas 344 penumpang. Pejabat Sementara Bupati Gresik, M Najikh, saat sidak persiapan mudik di pelabuhan Gresik menyatakan, untuk menghindari mahalnya harga tiket, calon penumpang diimbau membeli ke loket resmi.

Penumpang diminta tidak membeli tiket melalui calo. Imbauan itu disampaikan melalui spanduk dan posko Lebaran di pelabuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.