Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sulawesi Tengah Turunkan Pasukan

Kompas.com - 01/09/2010, 04:36 WIB

PALU, KOMPAS.com - Sebanyak 105 personel atau satu kompi Brimob Polda Sulawesi Tengah diberangkatkan Rabu (1/9/2010) pagi ini ke Kabupaten Buol untuk membantu mengamankan wilayah itu pascapenyerangan Mapolsek Biau, Selasa (31/8/2010) malam.

"Insya Allah pagi ini mereka kami berangkatkan langsung ke Buol," kata Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Muhammad Amin Saleh di Palu melalui telepon, Rabu.

Dia menuturkan, pemberangkatan satu kompi Brimob itu tidak dilakukan melalui upacara sebagaimana biasanya mengingat kondisinya mendesak.

Ratusan pasukan elit Polri, kata Kapolda Amin Saleh, akan diberangkatkan lewat jalur darat menggunakan truk milik Brimob Polda Sulteng.

Selanjutnya, mereka akan bertugas di bawah kendali operasi (BKO) Polres Buol untuk mengamankan wilayah itu.

Sementara itu, situasi Buol hingga Rabu subuh masih mencekam setelah penyerbuan ribuan warga Markas Kepolisian Sektor Biau.

Penyerangan di Selasa malam itu adalah kali kedua setelah pada Senin malam (30/8) sekitar seratus warga juga menyerang Mapolsek Biau dengan batu, senjata tajam, dan bom molotov.

Warga tidak terima atas kematian Kasmir Timumun, tahanan polsek setempat yang diduga dianiaya oleh oknum polisi.

Kasmir terlibat kecelakaan lalu lintas dengan seorang anggota kepolisian di kota itu menyebabkan ia ditahan, namun hari Senin Kasmir tewas di tahanan yang diduga akibat penganiayaan.

Jamal Timumun, kakak kandung korban, mengungkapkan di tubuh Kasmir ditemukan luka memar di kaki, wajah, rahang dan leher. "Saya meyakini Kasmir tewas dianiaya dan bukan karena sakit," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com