Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Cadangan di Terminal Baranangsiang

Kompas.com - 31/08/2010, 21:56 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Mengantisipasi kemungkinan lonjakan penumpang mudik Lebaran Idul Fitri 1431 Hijriah di Kota Bogor, manajemen Terminal Baranangsiang menyiagakan 50 bus cadangan.

"Di terminal ada 241 bus, terdiri dari 129 bus besar dan sisa bus sedang. Untuk mengantisipasi adanya lonjakan kami sudah menyiagakan 50 bus cadangan dari diambil dari perusahaan otobus (PO) yang ada," kata Kepala Terminal Baranangsiang, Daden Hidayat, Selasa (31/8/2010).

Ia menambahkan, posko untuk pengaturan angkutan Lebaran pun sudah dibangun di terminalnya, untuk melayani para pengguna jasa bus yang akan mudik ke kota-kota atau kabupaten di Jawa Barat, maupun ke luar Jawa Barat, termasuk ke Sumatera. "Terminal Baranangsiang melayani 29 rute perjalanan antarkota (ada tujuh PO) maupun anatarpovinsi (ada 5 PO)," katanya.

Sejauh ini, lanjut Daden, belum ada lonjakan penumpang mudik di terminal tersebut. Peningkatan jumah penumpang diprediksikan akan terjadi pada H-3 dan H-2, lalu arus puncak baliknya terjadi pada H+8 Lebaran.

Menurut Daden, walaupun akan terjadi lonjakan penumpang pada dua hari tersebut, ia memperkirakan secara keseluruhan jumlah penumpang yang mudik menggunakan bus umum akan berkurang. Sebab, pemudik akan banyak menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa bus secara rombongan.

Daden juga memastikan, posko Lebaran di Terminal Baranangsiang juga berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap kelaikan bus dan kesehatan para awak bus, sebelum bus diberangkatkan ke kota tujuan. Pengecekan tersebut, akan dilakukan oleh aparat Dinas Pehubungan Komunikasi dan Informatika Kota Bogor dan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com