Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen Udara Keluarkan Notam

Kompas.com - 30/08/2010, 16:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengeluarkan surat peringatan atau notice to airman (Notam) kepada seluruh maskapai di Indonesia untuk tidak melewati daerah yang sedang dilanda letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara.

"Akibat letusan tersebut debunya sangat berbahaya bagi penerbangan. Pemerintah telah mengeluarkan Notam sejak Sabtu. Sebaiknya maskapai tidak melakukan operasi penerbangan di daerah itu," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Herry Bakti Singayudha Gumay, Senin (30/8/2010).

Menurut Herry, Notam tersebut akan berlaku selama satu bulan. Namun apabila kondisi gunung mulai membaik dan tidak terjadi letusan lagi, maka maskapai boleh menerbangi lagi kawasan tersebut.

Meski demikian, pemerintah tidak melarang bagi maskapai yang tetap mengoperasikan penerbangannya di sana.

Penerbangan bisa dilakukan apabila pesawat bisa menempuh ketinggian di atas debu vulkanik yang dikeluarkan gunung itu.

Pesawat juga bisa menyisir daerah yang tidak terkena debu, dengan risiko fuel yang digunakan lebih banyak.

Di tempat sama, Administratur Bandara Polonia Medan, Ghazali Abubakar mengatakan hingg saat ini hanya satu maskapai yang tidak bisa menerbangi kota-kota di Sumatera Utara dan Aceh yaitu Susi Air.

Dua maskapai yang mengoperasikan pesawat kecil yaitu Wings Air dan Nusa Buana Avia (NBA) masih mengoperasikan penerbangan dari Polonia ke kota-kota di sekitarnya.

Menurut Ghazali, Susi Air tidak bisa menerbangi sejumlah kota dari Medan karena pesawat yang dioperasikan adalah jenis Caravan yang ketinggiannya maksimal 10.000 kaki.

"Ketinggian debu Sinabung telah mencapai 8.000 feet, jadi terlalu riskan bagi Susi Air untuk mengoperasikan pesawatnya. Saat ini Susi Air telah empat hari tidak beroperasi, karena debunya sangat berbahaya bagi penerbangan," ujar Ghazali.

Sementara Wings Air dan NBA masih bisa mengoperasikan penerbangannya, karena pesawatnya masih bisa terbang lebih tinggi dari debu Gunung Sinabung.

Wings mengoperasikan ATR 72 dan NBA mengoperasikan Cassa, dua jenis pesawat tersebut bisa terbang di atas 20.000 kaki.

Kota-kota yang terganggu penerbangannya oleh letusan Gunung Sinabung adalah rute Kota Medan ke Sinabang, Gunung Sitoli, Pulo Batu, Tapak Tuan dan Meulaboh. Pulau Batu, Tapaktuan dan Meulaboh berada di Provinsi Aceh. (EWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com