Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Kerusakan Material

Kompas.com - 29/08/2010, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) memastikan tidak ada korban luka ataupun kerusakan materil dalam peristiwa meletusnya Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Korban kebanyakan menderita sakit sesak napas, mata perih, hingga ISPA.

"Sampai sekarang tidak ada korban luka dari peristiwa meletusnya Gunung Sinabung," ujar Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Provinsi Sumatera Utara, Harliandi Mahardhika, Minggu (29/8/2010), saat dihubungi Kompas.com.

Pihak PMI mengkhawatirkan partikel silika dalam debu vulkanik Gunung Sinabung bisa menyebabkan mata perih, sesak napas, hingga ISPA. "Debu inilah yang kemudian membuat korban mengalami demam, batuk, mata perih," ujar relawan PMI Sumatera Utara, M. Irshal.

Oleh karena itu, warga sekitar Gunung Sinabung kemudian dilarikan ke titik pengungsian seperti Jambo Lige dan Kantor KNMI. Kerusakan materil pun hingga kini masih belum ditemukan. "Tidak ada rumah yang hancur akibat letusan. Hanya debu vulkaniknya ini yang mencemaskan, tapi nanti debu ini justru akan menyuburkan tanah di situ," ujar Irshal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com