Debu Letusan Sinabung Selimuti Medan

Kompas.com - 29/08/2010, 08:25 WIB
EditorTri Wahono

MEDAN, KOMPAS.com — Jangan heran jika Anda melihat partikel-partikel debu beterbangan di udara kota Medan pagi ini, Minggu (29/8/2010). Itu adalah debu Gunung Sinabung yang terbawa angin. Meski masih sangat tipis, BMKG Bandara Polonia tetap meminta warga waspada.

Menurut Senior Forecaster BMKG Polonia Medan, Firman, setelah meletus Minggu dini hari, debu Gunung Sinabung cenderung meluncur dari arah barat daya menuju timur laut. Di posisi ini sejumlah daerah jelas akan ikut merasakan hujan abu. "Daerah Pancur Batu dan Tuntungan tentu yang duluan kena," kata Firman.

Menurut Firman, hujan abu potensial terjadi di Medan jelang tengah hari. Karena jika cuaca panas, angin musim barat daya semakin kencang meluncur turun dari dataran tinggi Karo menuju pesisir. "Itu sifat angin yang alami, mencari panas," tambah Firman.

Meski debu masih tipis dan kecil beterbangan di udara, bagi warga Medan, Firman menyarankan agar mengurangi aktivitas luar ruang karena debu ini rawan menyebabkan gangguan pernapasan dan mata. Firman mengaku hanya berhak menganalisis letusan Gunung Sinabung dari sisi meteorologi.

Dan, tak berwenang menjelaskan dari sisi vulkanologi. "Dari kemarin saya banyak ditanya soal letusan, padahal itu wilayahnya Direktorat Vulkanologi di Departemen Pertambangan," Firman menjelaskan.(Tribun Medan/Ekmal Muhammad)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.