Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ical: Pemerintah Harus Tegas

Kompas.com - 28/08/2010, 20:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengatakan, pemerintah harus tegas dalam mengambil langkah penyelesaian konflik dengan negara tetangga, Malaysia. Sikap pemerintah Malaysia yang sudah mengeluarkan pernyataan mengenai imbauan tidak bepergian ke Indonesia (travel advisory) kepada warganya, perlu direspon pemerintah, khususnya Menteri Luar Negeri dan Menteri Pariwisata.

"Kita lihatlah, Menlu dan Menteri Pariwisata bagaimana. Kita lihat apakah kita perlu mengeluarkan (travel advisory). Kalau tidak, tidak usah. Tapi pemerintah harus tegas," ujar mantan Menkokesra Kabinet Indonesia Bersatu I ini, di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (28/8/2010) malam.

Terakhir, langkah diplomasi yang dilakukan pemerintah menyusul pertimbangan travel advisory oleh pemerintah Malaysia, Presiden SBY mengirimkan surat kepada PM Malaysia Datok Seri Mohd Najib Tun Abdul Razak. Surat itu berisi ajakan penyelesaian permasalahan secara damai.

Ical mengatakan, komunikasi tertulis itu diharapkan bisa mendinginkan suasana yang semakin memanas pascaaksi di depan Kedubes Malaysia yang diwarnai pelemparan kotoran manusia awal pekan lalu.

"Tentu peristiwa ini membangkitkan rasa nasionalisme dari bangsa Indonesia untuk mempertahankan negara dari ancaman asing. Tapi mempertahankan citra bangsa, tidak dengan merusak atau aksi kekerasan. Melainkan dengan cara diplomasi," ujar Ical.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com