900 KK Sekitar Sempat Mengungsi

Kompas.com - 28/08/2010, 19:39 WIB
EditorMarcus Suprihadi

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, mengeluarkan asap tebal debu vulkanik sejak Jumat hingga hari ini, Sabtu (28/8/2010). Peristiwa munculnya asap tebal di puncak Gunung Sinabung dan turunnya debu vulkanik ke lingkungan di sekitarnya, terjadi pada hari Jumat, menjelang saat buka puasa. Dilaporkan, masyarakat sempat panik dan langsung mengungsi ke lokasi aman.

"Dari hasil pendataan kami di l okasi kejadian, ada tiga desa terkena dampak di Kecamatan Namanparang, yaitu Desa Suka Nalau, Desa Bekerah, dan Desa Siguranggurang. Ada sekitar 900 KK warga yang pergi mengungsi ke beberapa lokasi yaitu Kabanjahe, Berastagi, Simpang Empat, dan Kuta Rakya t," jelas anggota Tim Satuan Penanganan Bencana (Satgana) PMI Provinsi Sumatera Utara Muhammad Irsal, langsung dari lokasi kejadian, Sabtu.

Ia menuturkan, daerah yang tekena dampak cukup parah, ada di Desa Bekerah dan Suka Nalau karena dua desa tersebut berjarak tak terlampau jauh yaitu sekitar 5-7 km dari puncak Gunung Sinabung. Pada Jumat malam (27/8), PMI Provinsi Sumatera Utara mengerahkan tiga orang Tim Satgana beserta satu unit mobil ambulans PMI langsung ke lokasi yang terkena dampak debu vulk anik. Pemantauan, pendataan, dan penyisiran dilakukan terus-menerus secara berkala.

Berdasarkan penuturan Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Provinsi Sumatera Utara Harliandi Mahardhika, situasi hingga Sabtu siang (28/8) berangsur stabil.  

"Sebagian warga mulai pulang kembali ke rumah masing-masing. Namun kami tetap menyarankan kepada mereka untuk tetap waspada dan harus menggunakan masker agar aman dari gangguan debu vulkanik dan racun belerang yang masih turun hingga saat ini," tegasnya.

Dua personil Tim Satgana PMI Provinsi Sumatera Utara tetap bersiaga di Desa Bekerah untuk berjaga-jaga dan memantau detail situasi terakhir di sana. Demikian PMI dalam siaran persnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.