Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo: Fungsi KBS Harus Dipertahankan

Kompas.com - 24/08/2010, 03:39 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengharapkan semua pihak berpikir jernih untuk tetap mempertahankan fungsi Kebun Binatang Surabaya sebagai hutan kota sekaligus habitat yang nyaman bagi satwa.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap membantu upaya pembenahan Kebun Binatang Surabaya (KBS), khususnya upaya penyelamatan satwa-satwa di dalamnya.

”Kami mengusulkan agar KBS tetap dipertahankan. Solusi yang harus diambil dalam waktu dekat adalah bagaimana menjaga agar hewan di KBS tidak stres dan mati,” kata Soekarwo, Senin (23/8) di Surabaya.

Menurut Soekarwo, Kementerian Kehutanan sebaiknya segera membentuk kembali tim manajemen sementara untuk melakukan pembenahan KBS secara signifikan. Selain itu, segala beda pendapat antarkubu di dalamnya juga harus segera dipertemukan agar keselamatan hewan tetap terjaga.

Soekarwo menegaskan, fungsi KBS sebagai hutan kota harus tetap dipertahankan. ”Semua kota modern memiliki hutan kota atau membuat ruang terbuka hijau di dalamnya. Karena itu, semua pihak harus berpikir jernih untuk mempertahankan fungsi KBS,” tuturnya.

Tetap di Surabaya

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Bambang DH berjanji mempertahankan Kebun Binatang Surabaya di lokasi sekarang. Rencana relokasi hanya untuk sebagian satwa. Relokasi juga harus di wilayah Surabaya.

Bambang mengatakan, ada dua peraturan daerah yang menjamin lokasi KBS tidak dialihfungsikan.

Surabaya punya peraturan tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) serta ruang terbuka hijau (RTH).

”Dalam dua perda itu, fungsi KBS dijamin. Pemerintah juga sudah memiliki sertifikat atas lahan KBS,” kata Bambang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com