Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kado" Kemerdekaan dari Malaysia

Kompas.com - 18/08/2010, 06:10 WIB

Oleh YJ Naim

KOMPAS.com — Tepat pada hari perayaan kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia, tiga pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan pun merdeka. Ketiganya diperbolehkan pulang ke Tanah Air setelah empat hari mendekam di Markas Kepolisian Malaysia.

Itulah "kado" dari negeri jiran untuk Indonesia tepat pada hari jadinya yang ke-65. Kado kemerdekaan untuk Selvo, Asriadi, dan Erwan.

"Kami senang sekali bisa sampai Tanah Air dengan selamat," kata Erwan setibanya di Terminal Feri International Batam Centre, Sabtu (14/8/2010).

Kembalinya Selvo, Asriadi, dan Erwan di Tanah Air adalah sebuah hadiah luar biasa dari Malaysia. Entah disengaja atau tidak, Polisi Diraja Malaysia pun memilih tanggal keramat untuk memulangkan tiga pamong itu, 17 Agustus.

Sebelumnya, Selvo, Asriadi, dan Erwan dituduh menculik nelayan Malaysia yang mengambil ikan di perairan Indonesia.

Padahal, ketiganya hanya menjalankan tugas sebagai pengawas perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu menggiring kapal asing yang diduga mencuri ikan di perairan Nusantara.

Selvo, Asriadi, dan Erwan langsung digiring ke Malaysia saat sedang mengawal lima kapal Malaysia yang diduga mencuri ikan di perairan Indonesia.

Kapal Kepolisian Malaysia langsung memotong pelayaran ketiganya dan menggiring lima kapal Malaysia, termasuk yang ditumpangi Selvo, Asriadi, dan Erwan ke Malaysia.

Empat hari Pemerintah Indonesia berupaya membebaskan ketiganya. Anggota DPR bereaksi, menekan pemerintah agar segera melepas tiga PNS itu. Menteri Luar Negeri juga Menteri Kelautan dan Perikanan menyiapkan segala strategi dan lobi untuk membebaskan Selvo, Asriadi, dan Erwan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com