Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Terbalik, Tak Ada Sabotase

Kompas.com - 17/08/2010, 10:02 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polda Papua menegaskan tidak ada unsur sabotase dalam insiden bendera merah putih dikibarkan terbalik saat Upacara HUT Ke-65 Kemerdekaan RI di Manokwari, Papua Barat.

Menurut penyelidikan sementara, peristiwa memalukan itu murni karena keteledoran atau kelalaian pengibar bendera. "Memang benar pada saat upacara HUT Kemerdekaan di Manokwari tadi pagi, posisi bendera terbalik. Tetapi saat itu juga dibalik agar posisi merah di atas," ucap Komisaris Besar Wachyono, Jurubicara Polda Papua, Selasa (17/8/2010) usai mengikuti upacara di Lapangan Mandala Jayapura Papua.

Ia mengatakan insiden terjadi kemungkinan besar karena unsur keteledoran. Ia membantah adanya unsur sabotase.

Seperti diberitakan, para peserta upacara dan tamu kehormatan Upacara Peringatan HUT Ke-65 RI di Lapangan Borarsi Manokwari dikejutkan bendera merah putih yang dikibarkan terbalik oleh para pasukan pengibar bendera.

Menurut data yang diterima Kompas, susunan pengibar bendera itu Pedi Idorway (siswa SMK N 01 Manokwari), Abdul Hakim Fenetruma ( Kabupaten Kaimana), dan pemegang bendera Fajar Rustam Abdul Karim Bariway (Manokwari).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com