Bendera Terbalik, Tak Ada Sabotase

Kompas.com - 17/08/2010, 10:02 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polda Papua menegaskan tidak ada unsur sabotase dalam insiden bendera merah putih dikibarkan terbalik saat Upacara HUT Ke-65 Kemerdekaan RI di Manokwari, Papua Barat.

Menurut penyelidikan sementara, peristiwa memalukan itu murni karena keteledoran atau kelalaian pengibar bendera. "Memang benar pada saat upacara HUT Kemerdekaan di Manokwari tadi pagi, posisi bendera terbalik. Tetapi saat itu juga dibalik agar posisi merah di atas," ucap Komisaris Besar Wachyono, Jurubicara Polda Papua, Selasa (17/8/2010) usai mengikuti upacara di Lapangan Mandala Jayapura Papua.

Ia mengatakan insiden terjadi kemungkinan besar karena unsur keteledoran. Ia membantah adanya unsur sabotase.

Seperti diberitakan, para peserta upacara dan tamu kehormatan Upacara Peringatan HUT Ke-65 RI di Lapangan Borarsi Manokwari dikejutkan bendera merah putih yang dikibarkan terbalik oleh para pasukan pengibar bendera.

Menurut data yang diterima Kompas, susunan pengibar bendera itu Pedi Idorway (siswa SMK N 01 Manokwari), Abdul Hakim Fenetruma ( Kabupaten Kaimana), dan pemegang bendera Fajar Rustam Abdul Karim Bariway (Manokwari).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.