Bandara Kuala Namu Tetap Dilanjutkan

Kompas.com - 01/08/2010, 21:15 WIB
EditorTri Wahono

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah pusat menyatakan tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan Bandara Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara hingga tahun 2011 tetap mengalokasikan biaya pembangunan Bandara Kuala Namu.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, komitmen pemerintah pusat untuk tetap menyelesaikan pembangunan Bandara Kuala Namu. Hatta membantah jika pemerintah pusat dianggap tak berkomitmen menyelesaikan pembangunan Bandara Kuala Namu.

"Pokoknya Bandara Kuala Namu harus selesai. Pemerintah tetap mengalokasikan anggaran di 2010 dan 2011," ujar Hatta di Medan, Minggu (1/8/2010).

Hanya saja, meski mengatakan tetap berkomitmen menyelesaikan Bandara Kuala Namu, Hatta tak secara tegas menjawab kapan pemerintah bisa menyelesaikan pembangunan bandara pengganti Polonia tersebut. Target penyelesaian Bandara Kuala Namu yang ditetapkan pemerintah pusat terus meleset.

Dari sejak dicanangkan bakal beroperasi pada Oktober 2009, target tersebut kemudian direvisi menjadi akhir 2010. Belakangan target tersebut dipastikan tak terpenuhi dan direvisi menjadi pertengahan tahun 2011. Namun saat rapat koordinasi pembebasan lahan antara Pemprov Sumut dengan PT Angkasa Pura II pekan lalu, disebutkan target operasi Bandara Kuala Namu pada akhir 2012.

Soal terus menerus melesetnya target penyelesaian Bandara Kuala Namu ini menurut Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Provinsi Sumut Eddy Syofian, merupakan bukti bahwa pemerintah pusat kurang memiliki komitmen menyelesaikan proyek tersebut. Eddy mengungkapkan, saat ini berkembang isu, pemerintah pusat mengurangi anggaran pembangunan Bandara Kuala Namu hingga Rp 85 miliar.

"Nilai sebesar itu (Rp 85 miliar) bisa saja berdampak pada pengurangan bangunan dan fasilitas bandara. Mungkin bangunan terminal juga bisa berkurang fasilitasnya," kata Eddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.