Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2011, Kereta Wisata Yogyakarta Beroperasi

Kompas.com - 01/08/2010, 08:18 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kereta wisata Keraton Yogyakarta yang rencananya dioperasikan pada 2011 akan digunakan untuk melayani dua rute, masing-masing diberangkatkan dari Taman Parkir Senopati dan Taman Parkir Ngabean.

"Pilihan adanya dua rute untuk perjalanan kereta wisata keraton ini ditujukan agar ada efisiensi waktu bagi penumpang," kata Purnomo Rahardjo, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Yogyakarta, Minggu (1/8/2010).

Ia mengatakan, ada dua rute yang bisa dipilih penumpang sesuai dengan tujuannya tanpa membuang banyak waktu.

Menurut dia, dua rute perjalanan kereta wisata keraton tersebut telah mampu menjangkau semua sudut keraton dan lokasi-lokasi wisata di sekitarnya.

Dinas Perhubungan juga sudah menetapkan shelter transit untuk menghubungkan penumpang yang akan berpindah rute.

"Shelter tersebut dapat digunakan oleh penumpang dari Ngabean yang akan turun di Senopati atau sebaliknya. Tidak perlu membayar lagi," katanya.

Rute pertama yang akan dilalui kereta wisata tersebut dimulai dari Taman Parkir Ngabean melalui Alun-Alun Utara - Jalan Ibu Ruswo - Jalan Wijilan - sisi barat Alun-Alun Selatan - Taman Sari - Eks Pasar Burung Ngasem dan kembali ke Parkir Ngabean.

Adapun rute dua yang dimulai dari Taman Parkir Senopati akan melewati sejumlah jalan, yaitu Jalan Trikora - Alun-Alun Utara - Taman Parkir Ngabean - kembali ke Alun-Alun Utara - Eks Pasar Burung Ngasem - Taman Sari - jalan sisi utara Alun-Alun Selatan - Jalan Gading - Jalan Wijilan - Jalan Ibu Ruswo - Jalan Brigjen Katamso - Taman Parkir Senopati.

"Adanya dua rute pilihan ini juga akan mempersingkat waktu tunggu kereta wisata," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta berencana menyiapkan 11 kereta wisata, 10 kereta wisata untuk operasional sehari-hari, dan satu kereta untuk cadangan. "Masing-masing rute akan didukung oleh lima kereta wisata," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com