Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Banda Siap Dibuka, Meski Hujan

Kompas.com - 01/08/2010, 07:22 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Jadwal pembukaan Sail Banda, yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Ambon pada 3 Agustus tidak terpengaruh kemungkinan terjadi hujan di ibu kota provinsi Maluku.

Koordinator acara panitia lokal Sail Banda, Cak Saimima, Minggu (1/8/2010) mengatakan, persiapan sudah rampung sehingga hujan bukan persoalan untuk kegiatan yang akan dihadiri Kepala Negara.

"Lokasi di dermaga Yos Sudarso tidak masalah sekiranya terjadi hujan karena sudah di desain dengan kemungkinan bila terjadi hujan," ujarnya.

Presiden SBY pada puncak Sail Banda dijadwalkan mencanangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional serta penyerahan bantuan renovasi Masjid Raya Alfatah serta Gereja Maranatha dan Santo Paulus.

Kepala Negara juga melakukan penandatanganan sampul pertama perangko Sail Banda, meninjau ke kapal USNS Mercy, KRI Soeharso dan menyaksikan perahu peserta.

Atraksi fly pass pesawat Sukhoi TNI-AU dan terjun payung juga menyemarakkan puncak Sail Banda.

"Jadi Sail Banda ini strategis untuk meyakinkan dunia internasional bahwa Maluku telah aman sehingga semua komponen bangsa harus menyukseskannya dengan memelihara stabilitas keamanan dan mewujudkan sapta pesona," kata Saimima.

Dia mengatakan suguhan seni dan budaya khas Maluku akan memeriahkan puncak Sail Banda.

"Kami telah menyiapkan suguhan seni dan budaya pada puncak Sail Banda berlokasi di dermaga Yos Sudarso Ambon yang diawali artis Andre Hehanussa, Harvey Malaihollo dan grup musik Pasto menyanyikan lagu Sail Banda karangan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu," Saimima.

Sedangkan pada jamuan makan malam kepada peserta dan tamu di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon disuguhi seni dan budaya khas Maluku.

Saimima mengatakan tarian tadisional seperti Zamra, Parisa dan Pukul Sapu dimeriahkan musik tradisional totobuang juga bisa disaksikan para peserta dan Tamu, termasuk turis asing yang menyaksikan Sail Banda dengan pesertanya dilepas dari Darwin, Northern Teritorry yang dijadwalkan pada 24 Juli 2010.

"Suasana akan semarak dengan 2010 obor dibakar sepanjang pesisir pantai di Teluk Dalam Ambon berbarengan dengan diluncurkannya 2010 perahu kecil mainan dengan lilin kecil," katanya dan menambahkan para peserta dan tamu juga disuguhi pergelaran pakaian khas daerah Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com