Pas Tafiri Jadi Objek Wisata Bahari

Kompas.com - 23/07/2010, 08:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), akan mengembangkan Pulau Pas Tafiri menjadi objek wisata bahari, khususnya wisata selam, karena panorama bawah di sekitar pulau itu sangat indah.

"Kami telah melakukan penyelaman di perairan sekitar pulau tersebut dan ternyata panorama bawah lautnya sangat indah," kata kepala Kantor Pemuda Olaraga dan Pariwisata Halbar, Kalbi Rasyid di Jailolo, Kamis (22/7/2010).

Oleh Karena itu, Pemkab Halbar akan mengembamgkan pulau yang terletak di kawasan teluk Jailolo tersebut menjadi salah satu objek wisata Halbar dengan titik berat pada wisata menyelam.

Menurut Kalbi, terumbu karang yang ada diperairan sekitar Pulau Pas Tofiri tersebut sangat beraneka ragam dan umumnya masih dalam kondisi baik. Ikan yang hidup di hamparan terumbu itu juga sangat banyak jenisnya.

Di perairan sekitar pulau tak berpenghuni tersebut diperkirakan ada puluhan spot (titik penyelaman) yang sangat layak dikunjungi para wisatawan. Spot tersebut tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan spot yang di perairan lainnya di Halbar yang selama ini sudah dikenal wisatawan.

"Pulau Pas Tofiri tersebut letaknya tidak jauh dari Jailolo yakni hanya membutuhkan waktu perjalanan 15 menit menggunakan speed boat jadi sangat sangat strategis dikembangkan menjadi objek wisata," katanya.

Pemkab Halbar akan mulai mempromosikan Pulau Pas Tofiri tersebut kepada wisatawan dalam dan luar negeri, baik melulaui brosur dan internet maupun melalui jaringan Biro Perjalanan Umum (BPU) yang ada di Indonesia.

Kalbi mengatakan objek wisata bahari merupakan andalan daerah itu dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, karena daerah ini memiliki banyak objek wisata bahari, baik berupa panorma pantai maupun panorama bawah laut.

Pemkab Halbar sejak tahun 2009 mengelar Festival Teluk Jailolo dengan titik berat pada kegiatan wisata bahari. Festval yang mulai dikenal wisatawan manca negara ini diupayakan masuk dalam kalender wisata nasional.

"Pemkab Halbar sangat mengharapkan keterlibatan para investor dalam upaya menggembangkan sektor pariwisata di daerah ini. Akan memberikan berbagai kemudahan kepada investor yang berminat mengembangkan sektor pariwisata di Halbar," kata Kalbi.

Untuk mencapai Halbar harus melaui Ternate kemudian melanjutkan perjalanan ke Jailolo mengunakan speed boat selama 1 jam dengan tarif Rp 50 ribu per orang. Sarana akomodasi di Jailolo cukup banyak, namun semuanya masih berstatus hotel melati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.