Dilarang Melakukan Razia Minuman Keras

Kompas.com - 01/07/2010, 14:46 WIB
EditorBenny N Joewono

KUDUS, KOMPAS.com — Kapolres Kudus AKBP M Mustaqim menegaskan, aparat kepolisian siap menindak tegas individu atau kelompok yang nekat melakukan razia minuman keras atau penyakit masyarakat lainnya yang terjadi di kota ini.

"Tidak ada dasar hukum bagi masyarakat melakukan razia minuman keras atau penyakit masyarakat lainnya. Sebaiknya percayakan penindakan tersebut kepada aparat kepolisian," ujarnya di Kudus, Kamis (1/7/2010).

Personel polisi yang memiliki dasar hukum yang jelas saja, kata dia, tidak bisa sewenang-wenang melakukan penindakan. "Kami tetap harus mengedepankan hak kemanusiaan," ujarnya.

Wakapolres Kudus Kompol Arman Asmara mengatakan, kelompok masyarakat yang terbukti melakukan razia minuman keras atau penyakit masyarakat bisa ditangkap dan diproses sesuai hukum yang ada.

"Masyarakat harus menyadari kapasitasnya tidak bisa melakukan razia karena memang tidak ada aturannya," ujarnya.

Untuk mencegah aksi sepihak tersebut, katanya, Polres Kudus rutin melakukan pendekatan terhadap sejumlah tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan kelompok masyarakat lainnya yang menginginkan Kota Kudus sebagai kota religius.

Sebagian besar minuman keras yang beredar di Kudus berasal dari luar wilayah. "Sampai sekarang, kami belum menemukan gudang minuman keras di Kudus," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan hasil operasi rutin dari Januari hingga Juni 2010, aparat mendapatkan hasil 20.000 botol minuman keras dari berbagai merek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.