Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Rawit Rp 32.000 Per Kilogram

Kompas.com - 30/06/2010, 19:47 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Surabaya, Selasa (29/6), naik Rp 2.000 per kilogram dibandingkan dengan harga pekan lalu. Kini harga cabai rawit di tingkat eceran mencapai Rp 32.000 per kilogram.

Pedagang mengeluhkan lonjakan harga cabai rawit tersebut karena semakin sulit dipasarkan. Alasannya, konsumen cenderung protes karena jika membeli eceran sesuai kebutuhan, misalnya Rp 1.000, maksimal hanya lima cabai rawit saja yang diperoleh.

Menurut pedagang di Pasar Wonokromo, Hermin, kenaikan harga cabai rawit di pasar tradisional dipicu tidak lancarnya distribusi dari sejumlah sentra cabai rawit di provinsi ini ke Surabaya. "Pasokan agak terkendala, sementara permintaan tidak ada penurunan meski harga melambung," ujarnya.

Pedagang aneka kebutuhan pokok di Pasar Jagir Baru Surabaya, Rini Setyo, membenarkan kini harga cabai rawit di pasarnya mengalami kenaikan dibanding harga jual pekan lalu, Selasa (22/6). "Kenaikannya cukup tinggi. Kalau biasanya hanya naik Rp 500 per kilogram, kini naik hingga Rp 2.000 per kilogram," tuturnya.

Di sisi lain, ia mengaku harga jual cabai merah besar ikut naik menjadi Rp 28.000 per kilogram dibanding harga pekan lalu, Selasa (22/6). "Kalau di sini, permintaan pasar tidak ada perubahan. Kemungkinan ada gejolak pasar biasanya menjelang bulan puasa Ramadan," katanya.

Menanggapi peningkatan harga tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Zainal Abidin menilai, kondisi tersebut masih dalam batas kewajaran. "Masyarakat tidak perlu panik dengan kenaikan harga cabai rawit. Kami yakin persediaan pasokan komoditas tersebut kian lancar pada pekan ini, mengingat musim hujan sudah mulai beralih ke kemarau," katanya.(ANTARA)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com