Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyebab Utama Harga Gula Naik

Kompas.com - 28/06/2010, 21:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Gula dan Terigu (Apegti) Natsir Mansyur mengakui harga gula putih yang sampai ke tangan konsumen di beberapa daerah mengalami kenaikan beragam hingga 5 persen dan umumnya di atas harga Rp 10.000 per kilogram (Kg).

"Pantauan kami harga gula memang naik dan tidak di bawah Rp 10.000 per Kg," kata Natsir ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Senin (28/7/2010).

Menurut dia ada dua penyebab utama kenaikan harga gula saat ini. Pertama, karena gula impor 350 ribu ton yang masuk ke Indonesia beberapa waktu lalu belum didistribusikan mengakibatkan ada rembesan gula rafinasi (gula dengan kualitas kemurnian tinggi, yang biasa dipakai oleh industri makanan dan minuman).

"Gula impor ini dipegang beberapa kelompok dan belum dilepas ke pasar mungkin menunggu harga tinggi mengakibatkan stok gula langka di pasaran sehingga harganya naik," kata dia. Faktor kedua karena musim panen gula yang mundur ke Agustus 2010. "

Stok berkurang karena yang diharapkan bisa bertambah setelah musim panen bulan ini ternyata mundur ke Agustus. Harusnya stok gula impor bisa menutupi kekurangan gula di pasaran namun kenyataannya ditahan," kata Natsir.

Jika kondisi ini bertahan terus-menerus, Natsir khawatir harga gula akan terus merangkak naik. "Diperlukan kemauan pemerintah yang tegas soal ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com