Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Kopami Hajar 6 Motor dan 1 Kopaja

Kompas.com - 28/06/2010, 17:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tabrakan maut dan beruntun terjadi di fly over Pesing, Jakarta Barat, Senin (28/6/2010). Sebuah bus Kopami Jaya menghantam enam sepeda motor dan sebuah bus kopaja di daerah yang terkenal sebagai titik rawan kecelakaan (black spot).

Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 11.00, tepatnya di fly over Pesing, Cengkareng menuju Grogol. Akibat kecelakaan itu, satu orang tewas, empat orang kritis, serta satu lainnya menderita luka ringan.

Petugas TMC Polda Metro Jaya, Briptu Purnianto, menuturkan, korban tewas diketahui bernama Johan (56) warga Jalan Jambu, Pabuaran Indah, Tangerang. Korban tewas merupakan pengendara sepeda motor B 6112 PJF.

"Satu orang tewas dalam kecelakaan di fly over Pesing, Jakarta Barat. Kecelakaan ini juga menyebabkan beberapa orang lainnya menderita luka-luka," ujar Briptu Purnianto, Senin.

Petugas Laka Lantas Polres Jakarta Barat, Aipda Timan mengatakan, kecelakaan tersebut diakibatkan oleh Kopami yang ugal-ugalan keluar jalur dan menabrak enam sepeda motor, kemudian menabrak mobil Kopaja yang melaju dari arah berlawanan.

Dikatakan Timan, kejadian itu dipicu oleh mobil Kopami berplat B 7044 NP yang ugal-ugalan dari arah Grogol menabrak enam sepeda motor yang ada didepannya yang masing-masing berplat B 6112 PJF, B 6720 BCQ, B 6158 BRM, B 6852 BEJ, B 6112 BIF dan B 6198 BI.

"Di saat yang bersamaan, bus Kopami Jaya itu juga menabrak Kopaja bernomor B 7617 NL yang juga melaju hingga berhenti," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Sungkono, mengatakan, dugaan sementara kecelakaan tersebut disebabkan sopir bus Kopami Jaya kehilangan konsentrasi karena mengemudi dalam keadaan mabuk.

"Keseluruhan korban ada tujuh orang dan kebanyakan pengendara sepeda motor," ujar Kompol Sungkono.

Saat ini, petugas telah mengamankan Ali (50), pengemudi bus Kopami Jaya.

Sungkono menjelaskan, saat ini korban kecelakaan telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Dua orang dievakuasi ke Rumah Sakit Sumber Waras, empat orang dievakuasi ke RS Hermina dan satu orang lagi berjenis kelamin wanita dalam keadaan kritis telah dilarikan ke RS  Taruna, Grogol, Jakarta Barat.

"Satu pengendara motor meninggal dunia. Jenazah korban bernama Johan, kini berada di RS Sumber Waras dan akan dibawa ke RSCM," ujarnya.

Menurut Sungkono, bus Kopami Jaya P12 jurusan Kalideres-Pasar Baru yang dikemudikan Ari Susanto (40) pada pukul 11.00 itu keluar jalur dan melawan arus dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, enam motor dan satu bus Kopaja yang berada di sisi jalur "bus maut" itu tak bisa menghindar saat dihantam bus berwarna biru tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com