Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Triliun untuk Food Estate

Kompas.com - 21/06/2010, 14:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah masih harus berupaya mencari dana segar untuk mewujudkan food estate di Merauke, Papua. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan setidaknya pemerintah membutuhkan ratusan triliun rupiah untuk mewujudkannya.

"Pasti ratusan T (trilyun) lah," tuturnya di kantor Menko Perekonomian, Senin (21/6/2010). Namun, ketika dikonfirmasi angka 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 100 triliun, Djoko tak langsung mengiyakan. Menurutnya, ada di kisaran angka tersebut.

Dana itu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur terkait cita-cita food estate, mencakup pembangunan jalan antar provinsi dan kabupaten untuk menghubungkan lokasi produksi, pelabuhan, listrik dan sistem pengairan yang meliputi sumber daya air.

Djoko masih enggan mengungkapkan dari mana pemerintah akan mencari kebutuhan dananya. Dia menekankan agar programnya dimantapkan terlebih dahulu. Lagipula, lanjutnya, kebutuhan tahun 2010 sebagai tahun pertama juga tak langsung sebesar itu. "Sudah ok baru jalan. Baru nanti anggaran dibahas lagi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com