Bupati Bojonegoro Pimpin PAN Jatim Lagi - Kompas.com

Bupati Bojonegoro Pimpin PAN Jatim Lagi

Kompas.com - 19/06/2010, 17:25 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Bojonegoro, Suyoto, memimpin lagi Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur untuk lima tahun ke depan. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Wilayah III di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (19/6/2010).

Dari 744 pengurus PAN yang memiliki hak suara, hanya 16 suara yang tidak mendukung kepada Suyoto dalam voting yang dilakukan secara terbuka itu.

Sebanyak 16 pengurus yang menolak pemilihan ketua secara aklamasi itu berasal dari sejumlah DPD, di antaranya Kota Surabaya, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Pacitan.

Pada saat itu juga presidium sidang yang terdiri atas Kuswiyanto, Ali Mukti, Joni Irwansyah, dan Malik Efendi, memutuskan Suyoto sebagai ketua terpilih.

Sebelum dilakukan voting terbuka, presidium sidang memanggil tiga nama calon, yakni Suyoto, Basuki Babussalam, dan Amar Saifuddin untuk didengar paparan visi dan misi.

Namun, hanya dua orang yang hadir setelah Amar Saifuddin menyatakan muncur melalui pesan singkat kepada Ketua Bapilu DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah menetapkan ketua terpilih, presidium sidang juga memutuskan Suyoto sebagai ketua formatur tunggal untuk memilih pengurus DPW PAN Jatim periode 2010-2015.

Sebelumnya, formatur beranggotakan tujuh orang, namun berubah setelah adanya keputusan presidium sidang.

Suyoto merupakan Ketua PAN Jatim periode 2005-2010. Dia juga menjabat Bupati Bojonegoro periode 2008-2013.

"Ikan sepat, ikan gabus. Berarti Muswil ini semakin cepat selesai, semakin bagus," kata Viva Yoga Mauladi yang diminta Suyoto untuk mendampinginya dalam menyusun kepengurusan partai berlambang matahari terbit itu.


Editoryuli

Close Ads X