Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Rumah Terbakar, 2 Warga Tewas di Serui

Kompas.com - 17/06/2010, 03:15 WIB

Biak, Kompas - Gempa berkekuatan 6,2-7,1 skala Richter yang mengguncang wilayah Biak, Provinsi Papua, Rabu (16/6), memicu kebakaran 35 rumah warga serta menewaskan dua orang dan menghancurkan ratusan rumah di Serui, ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen.

Gempa ini diperkirakan juga telah menghancurkan rumah-rumah warga di pedalaman Kepulauan Yapen yang dekat dengan pusat gempa.

Wakil Bupati Kepulauan Yapen Decky Nenepath, Rabu petang, ketika dihubungi dari Biak mengatakan, gempa yang dimulai sekitar pukul 12.00 itu sangat mengagetkan warga dan membuat trauma.

Kepala Kepolisian Resor Kepulauan Yapen Ajun Komisaris Besar Deny Edward Siregar mengatakan, dua warga tewas akibat tertimpa puing-puing bangunan rumah. Keduanya adalah Nyonya Maria (47) dan Adrian (5 bulan), warga Serui Kota, yang tengah berada dalam rumah.

Sedikitnya terjadi kebakaran di lima titik yang menghanguskan 35 rumah di sekitar Pasar Serui, belakang Masjid Agung, sekitar kompleks perkantoran, dan pertokoan. ”Diduga api timbul dari korsleting listrik atau kompor. Kami masih menyelidikinya,” ujar Deny.

Tentang jumlah kerugian materiil, Decky Nenepath mengatakan masih dalam proses penghitungan.

Laporan BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa di sekitar Biak terjadi lima kali di sebelah tenggara Biak pada kedalaman 10 kilometer (km).

Gempa pertama terjadi pukul 12.06 WIT dengan kekuatan 6,2 skala Richter arah 114 km. Gempa kedua terjadi 10 menit kemudian dengan kekuatan 7,1 skala Richter arah 123 km yang sempat dinyatakan berpotensi tsunami. Dua guncangan pertama berdampak kerusakan parah pada bangunan dan getarannya dirasakan hingga Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, serta Teluk Wondama dan Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Gempa ketiga terjadi pukul 12.38 WIT, dengan kekuatan 5,3 skala Richter arah 147 km Serui. Adapun gempa keempat terjadi 20 menit kemudian dengan kekuatan 6,6 skala Richter, berjarak 126 km. Tercatat pula gempa pukul 15.10 WIT, yang berkekuatan 5,0 skala Richter dan berjarak 83 km. Menurut warga, hingga Rabu malam masih terjadi gempa susulan meski berintensitas kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com