Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Singkarak 2010 Berakhir

Kompas.com - 06/06/2010, 13:48 WIB

SOLOK, KOMPAS.com — Tour de Singkarak 2010 akhirnya berakhir di Danau Singkarak, Minggu (6/6/2010) siang ini. Etape terakhir sejauh 140 kilometer dari Bukittinggi ke Danau Singkarak memutari danau melewati Solok dan berakhir di Danau Singkarak kembali, diikuti 88 pebalap dari 16 negara termasuk Indonesia.

Di etape terakhir ini, Ghader Mizbani dari Tabriz Petrochemical Team (TPT) Iran menjadi juara umum balap sepeda internasional ini dengan total waktu 13 jam 5 menit 24 detik. Urutan kedua klasemen umum juga diisi dari TPT Hossein Askari dengan catatan waktu total 13 jam 6 menit 31 detik. Posisi ketiga lagi-lagi diisi dari tim Iran, yaitu dari Azad University Team atas nama Amir Zargari, yang mencatatkan waktu tempuh 13 jam 7 menit 2 detik. Dengan demikian, Tabriz Petrochemical Team merupakan tim yang menjuarai tur ini.

Untuk Indonesia, pebalap tercepat direbut oleh Tonton Susanto, pebalap sepeda nasional yang saat ini bergabung dengan Azad University Team dengan catatan waktu 13 jam 12 menit 1 detik. Posisi kedua diisi Usman Ali dari United Bike Kencana Malang dengan waktu total 13 jam 12 menit 3 detik, dan yang ketiga diraih oleh Agung Ali Sahbana dari Customs Cycling Team Jakarta dengan waktu 13 jam 12 menit 12 detik.

Gelar sprint yang berhak memegang kaus hijau diraih Sacha Damrow dari CCN Colossi Belanda dengan 12 poin. Sementara Usman Ali menjadi raja tanjakan pada tur kali ini.

Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, mengatakan, tur yang sudah dua kali dilaksanakan ini diharapkan bisa terus menjadi media untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Barat. "Agenda balap sepeda internasional ini akan menjadi media yang bagus untuk mengembangkan pariwisata Sumbar dengan cara mengombinasikannya lewat olahraga," ujar Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com