Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piilkada Kebumen Putaran Kedua Digelar

Kompas.com - 06/06/2010, 11:58 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, putaran II, digelar Minggu (6/6/2010) setelah pada putaran I yang digelar 11 April 2010 tidak ada pasangan yang emdnapat suara lebih dari 50 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen Teguh Purnomo mengatakan, pihaknya berharap masyarakat tetap berpartisipasi dalam pilkada putaran II ini sehingga angka partisipasi pemilih minimal sama dengan putaran I, yakni 63 persen. Menurut dia, jumlah pemilih dalam pilkada putaran II ini tetap sama dengan putaran I, yakni 973.723 orang.

"Sesuai peraturan, tidak ada pemutakhiran data untuk putaran II sehingga jumlah DPT-nya tetap sama dengan putaran I," katanya. Dengan demikian, kata dia, jumlah TPS dalam pilkada putaran II ini tetap seperti saat putaran I, yakni 2.070 lokasi yang tersebar di 26 kecamatan.

Pilkada Kabupaten Kebumen Putaran II diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni K.H.M. Nashiruddin Al Mansyur - H. Probo Indartono (bernomor urut 2) serta H. Buyar Winarso - Djuwarni (bernomor urut 3). Kedua pasangan ini lolos ke pilkada putaran II karena saat putaran I yang diikuti empat pasangan calon, tidak ada yang berhasil meraih suara lebih dari 30 persen suara. Dalam hal ini, H. Rustriyanto - Hj. Rini Kristiani (nomor urut 1) hanya meraih 19,33 persen suara, K.H.M. Nashiruddin Al Mansyur - H. Probo Indartono (nomor urut 2) meraih 27,52 persen suara, H. Buyar Winarso - Djuwarni (nomor urut 3) meraih 29,46 persen suara, dan H. Poniman Kasturo - Nur Afifatul Koeriyah (nomor urut 4) meraih 23,75 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com