Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Miras Oplosan, 4 Tewas, 5 Opname

Kompas.com - 02/06/2010, 06:02 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Kenaikan tarif pita cukai minuman keras meminta tumbal banyak nyawa pemabuk berkantong cekak di berbagai daerah seluruh Indonesia. Setelah miras bikinan pabrik tak lagi terjangkau, mereka umumnya beralih ke miras oplosan yang murah meriah.

Fenomena kematian akibat miras oplosan kali ini terjadi di Malang, Jawa Timur. Setidaknya empat pemabuk tewas, tumbal empat nyawa dan lima lainnya haus dirawat di rumah sakit (RS).

Mereka diduga keracunan miras home industry yang biasa disebut trobas bikinan pabrik rumahan di Malang. Para pemabuk itu pesta miras dalam tiga kelompok berbeda dan tak saling kenal. Tempat kejadian di Kecamatan Tajinan dan Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Dari tiga kelompok itu, ada yang menggelar pesta miras pada Minggu (30/5/2010) siang dan Senin (31/5/2010) siang hingga malam. Data di Polres Malang, hanya tiga orang yang tewas, yakni Siswoyo (40) dan Sodikin (42) dari Dusun Kalimeri, Desa Tambak Asri, Kecamatan Tajinan.

Satu lagi adalah Gunawan (42) dari Desa/ Kecamatan Bululawang. Sedangkan informasi lain menyebutkan, ada satu lagi korban tewas, yakni Tutuk (35), warga Desa Wadanpuro, Kecamatan Bululawang. “Iya, dia meninggal dunia namun kami belum tahu penyebabnya,” kata perangkat desa setempat.

Keempat korban tewas itu terdiri dalam tiga kelompok sewaktu menggelar pesta miras. Untuk korban Siswoyo dan Sodikin, sekelompok dengan korban selamat, Subakir (42), warga Desa Tangkil, Kecamatan Tajinan.

Kelompok ini pesta miras di depan rumah Siswoyo mulai Minggu (30/5/2010) pagi sampai siang. Kondisi kesehatan Subakir mulai membaik meski hanya dirawat di rumahnya.

Sedangkan Gunawan (45) menggelar pesta miras di samping rumahnya bersama lima temannya, mulai Senin (31/5/2010) siang hingga berakhir malam hari.

Di antaranya, Mulyadi, Cahyono, Soleh, Rokim, dan Roji. Kelima temannya itu selamat meski masih menjalani peratawan di rumah sakit yang berlainan. Sementara Tutuk, kabarnya menenggak miras sendiri di rumahnya, Senin (31/5/2010) siang.

“Kami lagi di RS Panti Nirmala, karena ada satu korban, atas nama Roji, yang masih dirawat. Dia itu kelompoknya Gunawan,” kata Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Hartoyo, Selasa (1/6/2010).

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com