Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Bencana Banjir!

Kompas.com - 16/05/2010, 00:25 WIB

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar minta masyarakat terutama daerah rawan banjir tetap waspada menyusul perubahan musim hujan di beberapa daerah di provinsi itu.
   
"Perlunya masyarakat mewaspadai untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor," kata Wagub di sela-sela menghadiri hari ulang tahun ke-35 Dayah (Pondok Pesantren) MalikulSaleh di Panton Labu, Aceh Utara sekitar 350 km arah timur Banda Aceh, Sabtu (15/5/2010) malam.
   
Hal itu disampaikan Wagub Muhammad Nazar menanggapi bencana banjir akibat dan hujan deras yang melanda Aceh Jaya dan Nagan Raya dalam sepekan terakhir. Pentingya kewaspadaan masyarakat sebagai upaya mengantisipasi jika bencana banjir terjadi guna meminimalisasikan jatuhnya korban jiwa dan harta.
   
Wagub menjelaskan, banjir yang melanda Aceh Jaya pada Sabtu pagi berdampak pada ribuan masyarakat mengungsi di daerah tersebut.
   
Ia mengimbau agar kepala daerah (bupati/wali kota) serta jajarannya untuk melakukan berbagai langkah cepat untuk mengantisipasi jika di daerahnya terjadi banjir dan tanah longsor. "Langkah cepat itu guna melakukan pendataan dan pemberian informasi kepada masyarakat dan pemerintah provinsi sehingga seluruh pihak bantuan tanggap darurat cepat tersalurkan," jelasnya.
   
Respon terhadap bencana sebagai wujud kesiapan pemerintah Aceh untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk jika sewaktu-waktu bencana itu terjadi.
   
Terkait bencana, Satkorlak telah mengirim bantuan masa panik ke daerah tersebut yang disalurkan melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh. Bantuan masa panik antara lain mie instan 300 kardus, minyak goreng, sarden, pakaian, dan bantuan lainnya.
   

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com