Waspadai Bencana Banjir!

Kompas.com - 16/05/2010, 00:25 WIB
Editorprimus

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar minta masyarakat terutama daerah rawan banjir tetap waspada menyusul perubahan musim hujan di beberapa daerah di provinsi itu.
   
"Perlunya masyarakat mewaspadai untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor," kata Wagub di sela-sela menghadiri hari ulang tahun ke-35 Dayah (Pondok Pesantren) MalikulSaleh di Panton Labu, Aceh Utara sekitar 350 km arah timur Banda Aceh, Sabtu (15/5/2010) malam.
   
Hal itu disampaikan Wagub Muhammad Nazar menanggapi bencana banjir akibat dan hujan deras yang melanda Aceh Jaya dan Nagan Raya dalam sepekan terakhir. Pentingya kewaspadaan masyarakat sebagai upaya mengantisipasi jika bencana banjir terjadi guna meminimalisasikan jatuhnya korban jiwa dan harta.
   
Wagub menjelaskan, banjir yang melanda Aceh Jaya pada Sabtu pagi berdampak pada ribuan masyarakat mengungsi di daerah tersebut.
   
Ia mengimbau agar kepala daerah (bupati/wali kota) serta jajarannya untuk melakukan berbagai langkah cepat untuk mengantisipasi jika di daerahnya terjadi banjir dan tanah longsor. "Langkah cepat itu guna melakukan pendataan dan pemberian informasi kepada masyarakat dan pemerintah provinsi sehingga seluruh pihak bantuan tanggap darurat cepat tersalurkan," jelasnya.
   
Respon terhadap bencana sebagai wujud kesiapan pemerintah Aceh untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk jika sewaktu-waktu bencana itu terjadi.
   
Terkait bencana, Satkorlak telah mengirim bantuan masa panik ke daerah tersebut yang disalurkan melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh. Bantuan masa panik antara lain mie instan 300 kardus, minyak goreng, sarden, pakaian, dan bantuan lainnya.
   

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X