Banjarnegara Diterjang Banjir

Kompas.com - 15/05/2010, 13:30 WIB
EditorAbi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Bencana banjir bandang dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2010).  Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, banjir bandang tersebut menerjang wilayah Kecamatan Susukan, sedangkan tanah longsor terjadi di Kecamatan Pagentan.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang menjadi korban bencana tersebut berikut prakiraan kerugian yang diderita mereka," katanya. Banjir bandang tersebut menerjang puluhan hektare areal persawahan di Desa Kemranggan dan Desa Dermasari, Kecamatan Susukan, serta Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok.

Bahkan, banjir bandang akibat luapan Sungai Serayu tersebut merendam sebuah rumah milik Sumardiarto (45), warga RT 02 RW 01 Desa Kemranggan, hingga ketinggian sekitar 150 centimeter.  "Air mulai merendam rumah saya tadi pagi, sekitar pukul 05.00 WIB," kata Sumardiarto yang rumahnya berada tak jauh dari tepi Sungai Serayu.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Banjarnegara sejak Kamis (13/5) mengakibatkan air Sungai Serayu meluap  Seorang warga Desa Dermasari, Rodimin (45) mengatakan, luapan Sungai Serayu menggenangi halaman sejumlah rumah warga di desanya yang berada di tepi sungai itu. Menurut dia, ketinggian air di halaman rumah yang tergenang tersebut berkisar antara 10-20 cm.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X