Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Sehari, Sebagian Kota Padang Banjir

Kompas.com - 15/05/2010, 04:18 WIB

Padang, Kompas - Hujan selama seharian penuh yang mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (14/5), menyebabkan sebagian wilayah di Kota Padang terendam banjir. Salah satu titik banjir yang cukup parah terdapat di wilayah Kelurahan Purus Tengah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Luapan Sungai Banda yang mengalir membelah permukiman penduduk di wilayah itu menyebabkan sejumlah rumah tergenang sejak pagi hingga menjelang siang hari. Aliran Sungai Banda yang meluap hingga ke jalan raya juga membuat sejumlah kendaraan bermotor, terutama sepeda motor, yang melintas mengalami gangguan mesin dan mogok.

Rasidah (50), salah seorang warga yang tinggal di Jalan Purus V, Kelurahan Purus Tengah, Kecamatan Padang Barat, mengatakan, air mulai meninggi sejak pukul 06.00.

”Untung saja rumah saya sudah ditinggikan, tetapi banyak rumah yang sempat dimasuki air,” kata Rasidah.

Meluapnya air Sungai Banda di kawasan itu disebabkan oleh tersumbatnya aliran air akibat sampah rumah tangga yang mengumpul di bagian jembatan.

Menurut Rasidah, banjir tersebut rutin terjadi setiap air Sungai Banda meluap. ”Biasanya menggenang sampai sore hari,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Dedi Henidal mengatakan, selain di wilayah Purus, banjir juga menggenangi pekarangan sebagian rumah warga di Kecamatan Koto Tangah.

”Ada enam titik di Kecamatan Koto Tangah, tetapi ketinggiannya masih normal karena baru sampai pekarangan rumah. Saat ini tim pengendalian banjir sudah turun ke lokasi banjir,” ujar Dedi. (INK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com