Pilkada Kediri "Banjir" Politik Uang

Kompas.com - 13/05/2010, 18:14 WIB
Editoryuli

KEDIRI, KOMPAS.com - Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (12/5) kemarin sarat dengan pelanggaran. Panitia Pengawas pun "kebanjiran" laporan dugaan praktek politik uang oleh pasangan calon tertentu, Kamis (13/5/2010).

Ketua Panitia Pengawas, Muntoha, mengatakan, dalam satu hari ia menerima sedikitnya 10 laporan pelanggaran pemilu dari berbagai wilayah. Total dengan pelanggaran yang dilaporkan sebelum masa pencoblosan , mencapai 14 pelanggaran.

Jenis pelanggaran terbagi menjadi dua, yakni administratif dan pidana. Khusus pada hari H pelaksanaan pencoblosan, pelanggaran yang dillaporkan masuk kategori pidana. Adapun jenisnya, praktek politik uang.

Muntoha mengatakan, pelanggaran praktek politik uang tersebar di sedikitnya delapan desa yang ada di lima kecamatan yakni Gurah, Ngancar, Puncu, Plosoklaten dan Kecamatan Kras.

"Ada 10 terlapor pelaku praktek politik uang yang sudah kita identifikasi dan sekarang dalam penanganan panwas kecamatan masing-masing," ujarnya.

Modus praktek politik uang itu adalah terlapor memberikan sejumlah uang yang nilainya mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 kepada calon pemilih untuk mempengaruhi pilihan pada calon tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.