Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Guru Demo Kemendiknas

Kompas.com - 12/05/2010, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar tiga ribu guru memadati luar gedung Kementerian Pendidikan Nasional. Mereka menolak penghapusan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK).

"Kami mengusulkan untuk tetap mempertahankan PMPTK dengan mengoptimalkan kinerja dan melengkapi struktur," ujar perwakilan guru, Dra. Pertamawati, Rabu (12/05/2010), Jakarta.

Ia mengatakan penghapusan Dirjen PMPTK tersebut akan mengancam mutu tenaga pendidik. "Kami takut kepentingan guru akan ditelantarkan," ujarnya kepada Kompas.com.

Dirjen PMPTK merupakan lembaga dibawah Kementerian Pendidikan Nasional yang fokus pada peningkatan mutu tenaga pendidik. Peningkatan tersebut dilakukan dengan sertifikasi dan pelatihan. "Awalnya kan mudah sertifikasi bisa lewat satu pintu sekarang tidak jelas bagaimana," ungkap pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Magelang tersebut.

Demonstran berasal dari PGRI Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Maluku, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. Aksi ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB, dan bubar pukul 12.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com