Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Sekolah ini Kok Tak Ada Gurunya!

Kompas.com - 11/05/2010, 14:01 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Ditemukan, sebuah sekolah tanpa guru, yakni di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Lubuk Gadung, Kecamatan Talo, Kabupaten Seluma. Murid-muridnya terpaksa dialihkan ke sekolah yang terdekat.

Demikian menurut anggota DPRD Provinsi Bengkulu Siswandi di Bengkulu, Selasa (11/5/2010). Siswandi menyatakan, pihaknya menemukan sebuah sekolah tanpa guru tersebut saat melakukan reses pekan lalu ke wilayah daerah pemilihan (Dapil) Seluma. Dia mengatakan, seluruh murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri itu digabung ke sekolah di Desa Kebun Tinggi atau dua kilometer dari Desa Lubuk Ladung.

"Dan belum ada tindakan serius dari instansi terkait untuk mengatasi kekurangan guru tersebut," ujar Siswandi.

Selain itu, kata dia, Kantor Kementerian Agama setempat, pun lepas tangan dan berdalih, bahwa seluruh gurunya sudah disebar ke sekolah lain. Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan Seluma juga mengaku hal itu bukan kewenangannya.

Siswandi menilai, instansi terkait kurang tanggap untuk mempertahankan sekolah tersebut. Padahal, kata dia, warga dan sejumlah tokoh desa sudah berkali-kali memberitahukan soal tidak adanya guru yang mengajar di sekolah itu.

"Para guru sebagian besar enggan bertugas di daerah terpencil, padahal ketika diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus dapat melaksanakan sumpah dan janji jabatan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com