Bubar, Guru Ancam Kembali Datangi DPR

Kompas.com - 11/05/2010, 12:17 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah satu setengah jam melakukan unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Selasa (10/5/2010), 5.000 guru membubarkan diri sekitar pukul 11.30. Rencananya, para guru akan kembali mendatangi gedung DPR dengan jumlah yang lebih besar sekitar 27.000 pada Rabu (11/5/2010).

Aksi unjuk rasa ini diikuti oleh sekitar 5.000 guru dan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, Banten dan Bengkulu. Dalam aksinya, para guru melakukan orasi secara bergantian. Dalam tuntutannya, mereka menolak penghapusan PMPTK, tunjangan profesi yang harus segera dibayar, dan sertifikasi guru harus diselesaikan.

Sekitar satu setengah jam bernjuk rasa, para guru membubarkan diri secara berkelompok menuju bus-bus ditumpanginya. Mereka mulai menurunkan spanduk-spanduk bernada tuntutan dari pagar gedung.

Menurut koordinator aksi, Sugito, massa membubarkan diri karena perwakilan guru telah diterima oleh Ketua MPR. "Perwakilan kami telah diterima MPR, " kata Sugito kepada Kompas.com.

Meski begitu, Sugito mengatakan, para guru akan kembali berunjuk rasa dengan jumlah yang lebih besar yaitu sekitar 27.000 . "Besok kami akan menemui Ketua MPR. Seluruh perwakilan dari Jawa akan datang setelah perwakilan dari daerah-daerah lainnya," tambah Sugito.

Pantauan Kompas.com, seiring bubarnya massa, arus lalu lintas di depan DPR kembali lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.