Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebek Asap yang Gurih dan Empuk

Kompas.com - 10/05/2010, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahan daging bebek semakin marak mewarnai beberapa rumah makan. Bebek goreng atau bebek bakar sudah biasa ditemukan, namun apa yang disajikan Kedai H Arasi sedikit berbeda, yakni bebek asap.

Sajian ini cukup unik. Saat digigit daging bebek terasa gurih, empuk, dan lumer ketika berada di mulut. Muantap tenann!!!

Menurut Suprayitno, Manajer Kedai H Arasi, rumah makan milik kakaknya, H Arasi, menawarkan menu daging bebek dengan pengolahan berbeda dari daging bebek umumnya.

Sebelum dihidangkan, daging bebek dimasak memakai panci presto, setelah itu dilumuri bumbu di bagian atasnya. Lalu dipanggang sekitar lima menit di atas bara api yang tidak terlalu besar.

"Proses pengasapan tidak terlalu lama, karena daging bebek sudah kami presto. Meskipun proses pengasapan sebentar daging bebek sudah matang dan empuk," ujar Suprayitno belum lama ini.

Keistimewaan lain, selain proses pengolahan yang berbeda, juga terletak pada bumbu khusus hasil racikan sendiri. Bumbu hasil racikan sang pemilik, H Arasi ini, menjadi terasa sangat istimewa saat dilumurkan ke daging bebek. Untuk pengolahan selanjutnya diserahkan kepada karyawan yang jumlahnya sekitar 20 orang.

Kedai buka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 40 ekor bebek. Walaupun bebek asap menjadi menu utama, jangan khawatir bagi pengunjung yang ingin menikmati hidangan lain. Di kedai ini tersedia juga makanan tradisional Betawi yang tidak kalah lezatnya, seperti Soto Betawi atau Pindang Iga.

Masalah harga, tidak perlu merogoh saku dalam-dalam, karena cukup terjangkau. Anda dapat memesan berdasarkan ukuran mulai seperempat ekor atau setara satu potong seharga Rp 17.000.

Ukuran setengah ekor atau setara dua potong Rp 34.000. Jika ingin lebih puas lagi bisa memesan satu ekor Rp 68.000. Harga ini sesuai dengan kelezatan yang pengunjung peroleh.

Hidangan daging bebek asap akan terasa semakin lengkap dan lezat saat disantap bersama lalapan plus sambal petai. Sambal yang diatasnya ditaburi petai ini akan menggugah selera makan, dan tentunya membuat Anda ketagihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com