Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Siapkan Penerbangan Jakarta-Ambon

Kompas.com - 07/05/2010, 17:16 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Garuda Indonesia sedang mempersiapkan pembukaan rute penerbangan Jakarta-Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku, dengan transit di Makassar, Sulawesi Selatan, mulai pekan pertama Juni 2010.

General Manager Garuda Indonesia Cabang Makassar, Hendra Sumarno di Ambon, Jumat (7/5/2010), mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) guna mengelola pengoperasian penerbangan berbintang empat untuk memberikan pelayanan prima. Selain itu mempersiapkan kantor di Jl Raya Pattimura Ambon, letaknya berdampingan dengan hotel Mutiara.

Garuda akan berangkat dari Jakarta pukul 10.00 WIB, transit di Makassar, selanjutnya ke Bandara Internasional Pattimura Ambon. Dari Ambon, pesawat berangkat ke Jakarta pada pukul 17.00 WIT. "Kami menjadwalkan penerbangan dari Ambon itu akan tiba di Jakarta menjelang keberangkatan pesawat Garuda ke Belanda dengan mempertimbangkan mayoritas turis asing berkunjung ke Maluku adalah dari Eropa Barat," ujar Sumarno.

Garuda mengoperasikan pesawat yang memiliki kapasitas bisnis berkisar 14-16 tempat duduk (seat) sedangkan ekonomi 120 tempat duduk.

Saat ini perusahaan penerbangan yang menyinggahi Bandara Pattimura yakni Lion Air, Batavia Air, dan Sriwijaya Air dengan rute Ambon-Makasar-Jakarta, Ambon-Surabaya-Jakarta dan Ambon-Jakarta PP.

Pembukaan jalur penerbangan itu rencananya dilakukan bersamaan dengan penambahan sebanyak 23 armada baru Garuda pada 2010. Garuda akan menambah 23 unit pesawat jenis Boeing 737 seri 800 NG dan 1 Airbus 330-200, sehingga jumlah armada Garuda yang akan beroperasi nantinya mencapai 92 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com