Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk... Bersih-bersih Kampus

Kompas.com - 22/04/2010, 21:41 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor memperingati Hari Bumi dengan bergotong royong membersihkan sampah di kawasan kampus mereka di Jalan Soleh Iskandar, Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis- Jumat (22-23/4/2010). Kegiatan tersebut juga untuk mengetahui produksi dan persoalan sampah di kampus mereka.

Bagus Maulana, panitia kegiatan tersebut, mengatakan, motor kegiatannya adalah Mahasiswa Pencinta Alam Atmawana UIK Bogor. "Uang untuk kegiatan ini iuran dari uang kas kami dan sumbangan rektorat. Totalnya sekitar Rp 3 juta yang antara lain kami belikan tong-tong untuk tempat sampah," kata Bagus, sekretaris Mapala Atmawana, Kamis (22/4/2010).

Dengan membawa kantong plastik ukuran besar, kelompok-kelompok mahasiswa peserta kegiatan, menyampu dan memunguti sampah di 13 titik di areal kampus seluas 42 hektar itu. Puluhan kantong dan dua gerobak sampah pun berisi sampah dalam waktu cepat. Komposisi sampah yang terkumpul, 75 persen sampah organik dan 25 persen non-organik. Sampah organik itu kebayakan adalah dedaunan dan cabang-cabang pohon yang gugur atau patah dan jatuhnya di badan jalan antar gedung di kampus.

"Kegiatan ini membuat kami senang sekaligus sedih. Senang karena banyak rekan-rekan kami sesama mahasiswa yang berpartisipasi dan peduli pada lingkungan. Sedih, karena terbukti masih banyak sampah non-organik yang berterbaran di kawasan kampus kami. Apalagi, banyaknya adalah sampah bungkus atau puntung rokok," tutur Maulana.

Selain mengetahui jumlah dan komposisi sampah yang diproduksi kampusnya, lanjut Maulana, diketahui pula penempatan bak-bak sampah di kampusnya tidak di lokasi yang tepat. Tempat sampah, diletakkan di lokasi dimana disitu tidak ada kegiatan yang berpotensi menghasilkan sampah.

Mapala Atmawana, lanjut Bagus, akan membuat laporan dan rekomendasi/usulan pemebenahan penanganan masalah sampah itu kepada rektorat. Selain itu, akan menularkan kegiatan rutin Jumat Bersih Mapala Atmawana kepada aktivis unit kegiatan kampus (UKM) di lingkungan UIK. UKM-nya ada 13 yang aktivitasnya antara lain seni budaya, olah raga bela diri, dan keagamaan.

Kegiatan peringatan Hari Bumi ini juga diisi dengan lomba menghias/menggambar tong sampah, yang akan berlangsung Jumat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com