Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua SPBG Baru Beroperasi Minggu Depan

Kompas.com - 20/04/2010, 09:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas atau SPBG selesai dibangun dan akan dioperasikan mulai minggu depan. SPBG Pinang Ranti dan SPBG Kampung Rambutan diharapkan mampu mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta meningkatkan pelayanan Bus Transjakarta yang selama ini terkendala pasokan bahan bakar untuk armadanya.

Kepala Biro Administrasi Sarana Prasarana  Pemprov DKI, Udar Pristono, mengatakan, keberadaan dua SPBG baru itu akan mempersingkat waktu pengisian bahan bakar armada bus transjakarta.

"Saat ini sudah ada SPBG di Jalan Perintis Kemerdekaan, Daan Mogot, dan Pasar Minggu. Dengan adanya dua SPBG lagi maka waktu pengisian bahan bakar akan lebih lancar," katanya di sela penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Aksara Andalan Prima, PT T Energy, Pemprov DKI, dan PT Perusahaan Gas Negara, Senin (19/4/2010).

Beroperasinya dua SPBG di koridor busway juga dapat menghemat pengeluaran bahan bakar bus transjakarta. Pemprov tinggal berupaya mengatasi hambatan di sepanjang jalur busway yang menyebabkan headway atau jarak kedatangan antarbus semakin lama saat ini.

Kesepakatan pembangunan SPBG itu sempat tertunda hingga dua tahun sejak direncanakan pada tahun 2008.

Pasalnya, ada hambatan pasokan gas dari PT Pertamina. Masalah itu terpecahkan melalui kerjasama dengan PT PGN karena penetapan harga gas disesuaikan dengan harga gas dunia.

Menurut Kepala SBUPGN Jobi Triananda, pasokan BBG di kedua SPBG mampu memenuhi kebutuhan BBG bus transjakarta minumum 300.000 m3-360.000 m3 per bulan. Aliran gas disalurkan melalui pipa gas dari sumber gas di Sumatera. (moe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com