Dua SPBG Baru Beroperasi Minggu Depan

Kompas.com - 20/04/2010, 09:29 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas atau SPBG selesai dibangun dan akan dioperasikan mulai minggu depan. SPBG Pinang Ranti dan SPBG Kampung Rambutan diharapkan mampu mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta meningkatkan pelayanan Bus Transjakarta yang selama ini terkendala pasokan bahan bakar untuk armadanya.

Kepala Biro Administrasi Sarana Prasarana  Pemprov DKI, Udar Pristono, mengatakan, keberadaan dua SPBG baru itu akan mempersingkat waktu pengisian bahan bakar armada bus transjakarta.

"Saat ini sudah ada SPBG di Jalan Perintis Kemerdekaan, Daan Mogot, dan Pasar Minggu. Dengan adanya dua SPBG lagi maka waktu pengisian bahan bakar akan lebih lancar," katanya di sela penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Aksara Andalan Prima, PT T Energy, Pemprov DKI, dan PT Perusahaan Gas Negara, Senin (19/4/2010).

Beroperasinya dua SPBG di koridor busway juga dapat menghemat pengeluaran bahan bakar bus transjakarta. Pemprov tinggal berupaya mengatasi hambatan di sepanjang jalur busway yang menyebabkan headway atau jarak kedatangan antarbus semakin lama saat ini.

Kesepakatan pembangunan SPBG itu sempat tertunda hingga dua tahun sejak direncanakan pada tahun 2008.

Pasalnya, ada hambatan pasokan gas dari PT Pertamina. Masalah itu terpecahkan melalui kerjasama dengan PT PGN karena penetapan harga gas disesuaikan dengan harga gas dunia.

Menurut Kepala SBUPGN Jobi Triananda, pasokan BBG di kedua SPBG mampu memenuhi kebutuhan BBG bus transjakarta minumum 300.000 m3-360.000 m3 per bulan. Aliran gas disalurkan melalui pipa gas dari sumber gas di Sumatera. (moe)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.