Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larantuka Siap Berprosesi Samana Santa

Kompas.com - 02/04/2010, 07:01 WIB

Laporan Wartawan Kompas Pieter Gero dari Larantuka

LARANTUKA, KOMPAS — Uskup Larantuka Monsinyur Hendrikus kopong Kung Pr memimpin misa Kamis Putih di Gereja San Juan, Larantuka, Flores Timur, Kamis (1/4/2010), hari pertama dari tiga hari suci dalam kepercayaan Katolik selama pekan Paskah atau Samana Santa (Portugis).

Misa konseleberasi ini juga melibatkan Uskup Emiritus Fatima (Portugal), Monsinyur Seinhor D Serafim, dan Uskup Fatima Monsinyur Luciano Guerra.

Dalam misa yang juga dihadiri Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Manuel Leitao Frota dan istri serta Bupati Flores Timur Simon Hayon, Uskup Hendrikus menekan teladan pelayanan yang diberikan Jesus Kristus pada Kamis Putih yang perlu diikuti setiap kita di mana kita berada.

Teladan pelayanan dengan mencuci kaki para Rasul-Nya memperlihatkan bahwa Jesus Kristus memperlihatkan kasihnya bagi sesama.

Pelayanan ini bahkan berpuncak dengan menyerahkan nyawanya bagi keselamatan manusia. Dia sampai menumpahkan darah-Nya.

Karena itu, setiap kita, ujar Uskup Hendrikus, dalam menjalankan tugas entah sebagai pejabat pemerintah, petani, nelayan dan tugas apa saja, harus mengutamakan kasih yang diperlihatkan Jesus.

"Tidak perlu ada lagi darah yang harus tumpah dalam memberikan pelayanan kepada sesama karena Jesus sudah memberikan darah-Nya untuk kita semua," ujar Uskup Hendrikus dalam khotbahnya.

Larantuka dan sekitarnya sedang mempersiapkan prosesi lilin dan doa pada Jumat malam waktu setempat.

Prosesi yang menjadi puncak dari peringatan 500 tahun kehadiran Portugis di Indonesia ini menjadi puncak dari acara peringatan ini.

Banyak peziarah dari luar Flores, seperti dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Kupang, datang ke Larantuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com