Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombak Manajemen Pengelolaan Kebun Binatang Surabaya

Kompas.com - 31/03/2010, 21:21 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kebun Binatang Surabaya (KBS) membutuhkan perombakan sistem manajemen. Langkah ini penting sebagai upaya penyelamatan aset dan perlindungan satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya.

Dalam tujuh bulan kepemimpinannya di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sejak Juli 2009 hingga Februari 2010, Profesor Basuki Reksa Wibawa menilai pembenahan mendesak yang harus dilakukan di KBS adalah perombakan manajemen keuangan. Menurutnya, selama bertahun-tahun banyak terjadi ketimpangan sistem manajemen keuangan di KBS.

"Pembenahan keuangan yang kami lakukan salah satunya pada sektor pembelian pakan hewan yang membutuhkan dana besar dan rutin setiap hari. Ternyata, selama ini kualitas makanan satwa KBS buruk, seperti pemberian daging yang berlemak banyak atau pisang kualitas rendah. Padahal KBS harus membayar mahal untuk membeli makanan-makanan tersebut," ujarnya, Rabu (31/3/2010) di Surabaya.

Setiap bulan, pengeluaran KBS untuk penyediaan pakan satwa mencapai kisaran Rp 350 juta atau 30 persen dari seluruh komponen biaya pengeluaran KBS. Namun, kontrol kualitas pakan untuk satwa sangat rendah.

Manajemen kontrol keuangan yang buruk juga terletak dari penggunaan rekening pribadi untuk menyimpan pendapatan KBS. "Seharusnya penyimpanan dana KBS tak memakai rekening pribadi, kepengurusan kami akhirnya mengganti rekening tersebut atas nama perkumpulan," kata Basuki.

Menurut Basuki, pembenahan KBS memerlukan waktu yang panjang. Di samping itu, seluruh pihak dalam lingkungan KBS harus siap dan bersedia untuk dibenahi dan ditata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com