Bogor Bangun SPBG di Baranangsiang

Kompas.com - 31/03/2010, 19:33 WIB
Editorwah

BOGOR, KOMPAS.com - Guna mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan angkutan kota (angkot) di Kota Bogor, saat ini sedang dibangun SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) di Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor.   

"Seribu converter kit atau alat pengalih bahan bakar gas bantuan dari Departemen Perhubungan (Dephub) sudah dibagi habis 1000 angkot. Kini tinggal penyelesaian pembangunan SPBG-nya di lokasi belakang Terminal Baranangsiang," kata Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Empar Suparta di Balaikota Bogor, Rabu sebagimana siraan pers yang dikeluarkan Humas Pemko Bogor, Rabu (31/3/2010).

Semula SPBG dibangun di Sukasari. Akibat terkendala beberapa hal sehingga lokasi dipindahkan ke belakang terminal Baranangsiang Bogor. Namun, meskipun SPBG belum ada, program konversi terus berjalan dengan pengisian BBG dilakukan secara mobile atau berkeliling menggunakan kendaraan

"Program BBG bagi angkot dicanangkan Wali Kota Bogor Diani Budiarto bertepatan dengan hari jadi Bogor 3 Juni 2009 lalu. program ini direspon positif para pemilik angkot. Para pemilik dan pengemudi angkot meminta dipasang converter kit angkot miliknya, ke Dishub Kominfo," kata Empar.

Pemilik angkot tidak dikenakan biaya apa pun karena program 1.000 angkot Bogor ber-BBG ini adalah pilot project program nasional Dephub untuk konversi bahan bakar minyak ke BBG pada kendaraan umum.

Empar mengungkapkan, untuk tahap awal program ini diproyeksikan hanya bagi 1000 unit angkot dari beberapa trayek. Prioritasnya untuk angkot yang terkena proram pengaturan/pembatasan waktu oper asi angkot (shift). Itu pun harus angkot buatan tahun 1993 ke atas. Angkot tua berisiko tinggi jika memakai BBG.   

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Manfaat angkot menggunakan BBG. selain ramah lingkungan juga harganya relatif lebih murah dari harga bensin. Kalau sekarang harga bensin Rp 4.500/liter, BBG hanya Rp 3.500/kilo," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.