Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Pelanggan Setia Karoseri

Kompas.com - 25/03/2010, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Karoseri di Indonesia masuk sebagai pendukung bagi industri otomotif nasional. Keberadaannya pun masih dibutuhkan beberapa di Tanah Air. Termasuk di antaranya PT Kia Mobil Indonesia (KMI) yang mengaku menjadi pelanggan setia industri karoseri nasional.

Salah satu produk unggulan Kia di kendaraan penumpang (passanger car), Travello, menjadi pasien karoseri PT Mekar Armada Jaya (New Armada) asal Semarang, Jawa Tengah. Begitu juga pikapnya yang diproduksi berbagai model sesuai dengan kebutuhan.

Hartanto Sukmono, selaku Direktur KMI, menjelaskan, setiap bulannya terdapat 50-70 Travello yang dikerjakan oleh industri karoseri. "Ditambah 30-40 unit per bulan untuk chasis pikap untuk diubah, seperti bentuk ambulans dan boks, sesuai kebutuhan," ujar Hertanto di Jakarta, Rabu (24/3/2010).

Saat ini, Hartanto menilai, kualitas produk yang dihasilkan industri karoseri nasional sudah sangat kompetitif. Hanya masih kurang di segi kapasitas produksi. Seiring lonjakan pasar mobil yang terjadi tahun ini, membuat banyak pesanan menumpuk karena tak bisa dipenuhi oleh perusahaan karoseri nasional.

"Permintaan lagi bagus, sampai-sampai kami harus menunggu. Kami masih kekurangan barang untuk produk yang masuk karoseri," ujar Hartanto.

Sebelumnya, Jodjana Djody, selaku Chief Operating Officer PT Astra International Tbk-Auto2000, mengatakan, saat ini seluruh produk kendaraan komersil, khususnya truk ringan hingga truk berat, merupakan pasar utama industri karoseri nasional. Toyota, ujar Jody, menjadi salah satu pelanggan utama khusus di kendaraan komersil saja.

"Pasar utama karoseri ya komersil, ini yang perlu menjadi konsentrasi mereka untuk berkembang," kata Jody.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com